Manajemen Parenting Class Melalui Media E- Learning

  • Luluk Elyana Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Pembelajaran di sekolah khususnya pada Pendidikan Anak Usia Dini perlu kesesuaian positif antara pihak sekolah dengan para orang tua. Era Covid 19 ini dimana muncul istilah work from home (WFH) salah satunya pembelajaran di rumah. Materi pembelajaran di sekolah dapat tersampaikan dengan baik apabila terdapat kerjasama atau kesesuaian positif antara orang tua dengan pihak sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif-fenomenologi. Variabel dalam penelitian ini adalah parenting class  dan online learning. Subyek penelitian yang digunakan adalah anak usia 4 - 6 tahun di TK Lab Belia Universitas Ivet Semarang. Hasil perlu pemahaman orang tua dan kesesuaian positif terutama pola pikir pada harmonisasi materi – materi pembelajaran dan hasil akhir yang diharapkan. Penumbuhan kesadaran untuk mencapai kesesuaian positif ini salah satunya dengan memberikan edukasi khusus dan berkala kepada para orang tua dengan membentuk kelas orang tua atau yang disebut dengan parenting class. Materi – materi edukasi yang disesuaikan dengan perkembangan usia anak dan menyelaraskan dengan kesempatan yang dimiliki orang tua. Metode edukasi ini melalui media E- learning menyesuaikan dengan kemajuan perkembangan teknologi dan informasi. Pelaksanannya memerlukan manajemen khusus terutama bagaimana dapat  menyesuaikan waktu dan kesempatan masing – masing orang tua dengan memanfaatkan teknologi informasi ini dalam pelaksanaan edukasi ini.


Learning in schools, especially in Early Childhood Education needs a positive suitability between the school and parents. Covid Era 19, where the term work from home (WFH) appears, one of which is learning at home. Learning materials at school can be conveyed well if there is cooperation or positive compatibility between parents and the school. This research was conducted with a qualitative-phenomenological approach. The variables in this study are parenting class and online learning. The research subjects used were children aged 4 - 6 years in kindergarten Lab Belia University Ivet Semarang. The results need parental understanding and positive suitability, especially the mindset on harmonizing learning materials and the expected end result. One of the ways to develop awareness to achieve positive conformity is by providing special and periodic education to parents by forming a parent class or what is called a parenting class. Educational material that is adjusted to the child's age development and harmonizes with the opportunities owned by parents. This educational method through the media E-learning adjusts to the progress of technological and information development. Implementation requires special management, especially how to adjust the time and opportunity of each parent by utilizing this information technology in the implementation of this education.

References

Alwisol, (2008). Psikologi Kepribadian, Malang : UPT UMM
Anitah, Sri. (2009). Media Pembelajaran. Surakarta. UNS Press.
Calhoun, JF & Acocella, J.R. (2014). Psychology of Adjusment and Human Relationship. New Jurnal Psikologi. No. 1, 75-102.
Hendriani, Agustiani. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung : Refika Aditama
Hurlock, Elizabeth. (2009). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga
Mariyana, Rita, Dkk. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta. Prenada Media.
Munib. A. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Pranoto, Y.K.S. 2010. Hubungan antara keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan perkembangan kecerdasan moral anak usia prasekolah. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Rachman, Maman (2011). Metode Penelitian Pendidikan Moral. Semarang : Unnes Press
Rakhmat, Jalaludin. (2002). Psikologi Komunikasi, Bandung : PT. Remaja. Rosdakarya.
Soegito, AT, 2011. Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang : Unnes Press
Sujiono Yuliani, 2009, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Indeks : Jakarta
Zhai, F., Waldfogel, J., & Brooks-Gunn, J. (2013). Head Start, prekindergarten, and academic school readiness: A comparison among regions in the United States. Journal of Social Service Research, 39, 345–364.
Published
2020-05-17
How to Cite
ELYANA, Luluk. Manajemen Parenting Class Melalui Media E- Learning. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 29-35, may 2020. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1191>. Date accessed: 07 july 2020. doi: https://doi.org/10.31331/jsc.v1i1.1191.
Section
Articles