Penerapan Permainan Tradisional Boy-Boyan Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Ichsan Kenjeran Kota Surabaya

  • Ida Rachmayanti Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, KB – TK Al Ichsan Kenjeran Kota Surabaya, Indonesia
  • Sunanto Sunanto Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, KB – TK Al Ichsan Kenjeran Kota Surabaya, Indonesia
  • Nanang Rachman Saleh Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, KB – TK Al Ichsan Kenjeran Kota Surabaya, Indonesia
  • Mahmudah Mahmudah Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia, KB – TK Al Ichsan Kenjeran Kota Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran tematik terintegrasi kurikulum 2013 (kurtilas) dengan menggunakan tema dan model permainan tradisional sebagai salah satu pembelajaran yang menyenangkan, aktif, efektif, dan bermakna bagi anak didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model permainan tradisional boy-boyan dalam pembelajaran tematik terintegrasi terhadap hasil belajar tema “diriku”.  Peneliti memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif mengenai masalah yang diteliti. Hasil penelitian diperoleh anak-anak mampu mengasah kemampuannya untuk membuat strategi di dalam bermain boy-boyan.Kesimpulannya adalah terdapat keefektifan model permainan tradisional boy-boyan dalam mengembangkan motorik kasar anak didik kelompok B di TK Al-Ichsan Kenjeran kota Surabaya.

References

Agung Triharso (2018). Permainan Kreatif dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini.
Agustiningrum, M. D. B., & Rohidi, T. R. (2020). Strategi Pengembangan Motorik Anak Usia 5-8 Tahun dan Penanaman Karakter Tanggung Jawab Melalui Tari Nawung Sekar. Sentra Cendekia, 1(1), 15-21.
Bambang Sujiono, dkk. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Elyana, L. (2020). Manajemen Parenting Class Melalui Media E-Learning. Sentra Cendekia, 1(1), 29-35.
Elyana, Luluk, et al. "Analysis of parent’s discriminant partnership in the success of implementation of good school governance." MATEC Web of Conferences. Vol. 205. EDP Sciences, 2018.
Elyana, Luluk, Tri Joko Raharjo, and Ekonomi Akuntansi Agus Wahyudin. "Determinant of Good School Governance Factor in Stakeholder Cooperation Mediation on Pervormance Improvement." Interciencia Journal 44.1 (2019): 2-11.
Herdina Indrijati, M.Psi.(2017), dkk. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini.
Rodhiyah, Rodhiyah, Luluk Elyana, and Didik Ardi Santoso. "Peningkatan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Kegiatan Cuci Tangan Bergantian di Kelompok Bermain Kasih Ibu Gringsing Batang." Sentra Cendekia 1.2 (2020): 36-42.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman kanak-Kanak. Jakarta: Litera.
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.
Slamet Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
UU RI Nomor 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2021-03-18
How to Cite
RACHMAYANTI, Ida et al. Penerapan Permainan Tradisional Boy-Boyan Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Ichsan Kenjeran Kota Surabaya. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-5, mar. 2021. ISSN 2722-3094. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1615>. Date accessed: 20 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i1.1615.
Section
Articles