Manajemen Teknomedia PAUD era Pandemi Covid 19

  • Luluk Elyana Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Radiana Fitriati Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Era pandemi covid 19  mengharuskan semua lembaga pendidikan melaksanakan Strategi – strategi pembelajaran khususnya Pendidikan Anak Usia Dini memerlukan spesifikasi khusus pada proses pembelajaran. Stimulasi penting anak pada lingkungannya salah satunya melalui penggunaan teknomedia sebagai media pembelajaran daring atau online. Teknomedia merupakan media pembelajaran berkonsep teknologi informasi. Teknologi  Informasi dan Komunikasi salah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas pendidikan dan pengajaran. Dalam situasi Pandemi Covid-19 sangat berdampak ke segala aspek tidak terlepas kepada aspek proses belajar mengajar, sehingga memaksa peserta didik untuk mengikuti proses belajar dari Rumah. Dunia teknologi terus berkembang dengan pesat. Prosesnya memperhatikan tumbuh kembang anak menyesuaikan tahapan usianya. Pengelolaan teknomedia AUD terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi

References

Abdul K dan Triwahyuni T, 2003. Pengenalan Teknologi Informasi, Yogyakarta : Andi
Elyana, Luluk. "Manajemen Parenting Class Melalui Media E-Learning." Sentra Cendekia 1.1 (2020): 29-35.
Elyana L, 2021. Manajemen PAUD Terpadu menuju Tata Kelola Era Baru, Unisvet Press: Semarang
Elyana, Luluk, et al. "Analysis of parent’s discriminant partnership in the success of implementation of good school governance." MATEC Web of Conferences. Vol. 205. EDP Sciences, 2018.
Hainstock.E.G.2002. Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta : Delaprasta
Kaagari, J.2011. Performance management practices and managed performance: the moderating influence of organisational culture and climate in public universities in Uganda, International Journal of Educational Management Vol. 15 No. 4 2011, pp. 36-49,
Murgiyati, Tri, Maria Denok Bekti Agustiningrum, and Irna Anjarsari. "Penggunaan Media APEMM SS BabeSeta dalam Pengenalan Konsep Dasar Matematika Awal pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Putra Champion Karangdowo Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten." Sentra Cendekia 1.2 (2020): 64-70.
Sesjen,2020. Surat Edaran No. 15
Rachman, Maman (2011). Metode Penelitian Pendidikan Moral. Semarang : Unnes Press
Rodhiyah, Rodhiyah, Luluk Elyana, and Didik Ardi Santoso. "Peningkatan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Kegiatan Cuci Tangan Bergantian di Kelompok Bermain Kasih Ibu Gringsing Batang." Sentra Cendekia 1.2 (2020): 36-42.
Published
2021-03-18
How to Cite
ELYANA, Luluk; FITRIATI, Radiana. Manajemen Teknomedia PAUD era Pandemi Covid 19. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 6-11, mar. 2021. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1616>. Date accessed: 04 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i1.1616.
Section
Articles