Penggunaan Permainan Tradisional Bakiak untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Marenggeng Desa Sindangwangi Kabupaten Brebes

  • Maria Denok Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Fifti Istiklaili Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Cucu Nuryati Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Kemampuan motorik adalah salah satu kemampuan yang wajib untuk distimulasi dengan benar, salah satu cara untuk menstimulasi kemampuan motorik anak usia 4-5 tahun adalah melalui berbagai macam permainan, maka memilih bentuk permainan yang aman dan bermanfaat menjadi tugas orangtua dan guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar anak khususnya koordinasi gerakan mata dan kaki keseimbangan, dan kelincahan serta kekuatan kaki pada anak usia 4-5 tahun di kelompok bermain Tunas Bangsa Marenggeng desa Sindangwangi kabupaten Brebes melalui permainan bakiak. Adapun manfaat dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui permainan bakiak sesuai kemampuan yang dimiliki anak, sehingga kemampuan keseimbangan, dan kelincahan serta kekuatan kaki dapat terstimulasi dengan baik. Subjek penelitian ini adalah usia 4-5 tahun di kelompok bermain Tunas Bangsa Marenggeng desa Sindangwangi kabupaten Brebes, yang berjumlah 6 anak, 3 laki-laki dan 3 perempuan. Hasil peneltian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun, nampak pada siklus I nilai keseimbangan 45% menjadi 65%, kekuatan kaki 50% menjadi 60%, kelincahan 40% menjadi 60%. Pada Siklus II, keseimbangan naik menjadi 85%, kekuatan kaki naik menjadi 80%, kelicahan naik menjadi 80%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan bakiak mampu meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di kelompok bermain Tunas Bangsa Marenggeng kabupaten Brebes.

References

Agustiningrum, M. D. B., Tjetjep Rohindi Rohidi. (2021). Strategi Pengembangan Motorik Anak Usia 5-8 tahun dan Penanaman Karakter Tanggung Jawab melalui Tari Nawung Sekar. Jurnal Sentra Cendekia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1), 15-21.
Agustiningrum, M. D. B., Sayekti, S., Hardiyanti, D., Handayani, D. A. K., & Redjeki, S. (2021). Tari Nawung Sekar: Kemampuan Sosial Anak Digital Natives di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1943-1950.
Afiyah, Z. (2017). Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Melalui Bhentik di TK Cempaka Mulya Sarimulya Kebonagung Demak. Semarang: Universitas Ivet.
Aisyah Fad, dkk. (2019). Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia. Jakarta: Niaga
Hurlock, E. B. (1991). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi 5) (Istiwidayanti, Soedjarwo, & R. M. Sijabat (eds.); 5th ed.). Erlangga. http://www.library.usd.ac.id/web/index.php?pilih=search&p=1&q=0000017753&go=Detail
Keseimbanga KeseimbangaKeseimbangaKeseimbangaKeseimbanga KeseimbangaKeseimbangaKeseimbangaKeseimbangan
Kekuatan Kaki Kekuatan KakiKekuatan Kaki Kekuatan KakiKekuatan Kaki
Kelincahan KelincahanKelincahanKelincahanKelincahanKelincahan Kelincahan
Koordinasi KoordinasiKoordinasi KoordinasiKoordinasiKoordinasi KoordinasiMata dan Kaki Mata dan Kaki Mata dan Kaki
Berjalan Berjalan SesuaiSesuaiSesuaiSesuaiSesuaiSesuaiLintasanLintasanLintasanLintasan LintasanLintasan
Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1 Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1 Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1 Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1 Siklus 2 Pertemuan 1 Siklus 2 Pertemuan 1
65
70
70
70
65
Siklus 2 Pertemuan 2Siklus 2 Pertemuan 2Siklus 2 Pertemuan Siklus 2 Pertemuan 2Siklus 2 Pertemuan 2Siklus 2 Pertemuan Siklus 2 Pertemuan 2Siklus 2 Pertemuan Siklus 2 Pertemuan 2Siklus 2 Pertemuan Siklus 2 Pertemuan Siklus 2
Pertemuan 70
75
80
75
70
65
70
70
70
65
70
75
80
75
70
0
10
20
30
40
50
60
70
80
90
Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1 Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1 Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1 Siklus 2 Pertemuan 1Siklus 2 Pertemuan 1 Siklus 2 Pertemuan 1 Siklus 2 Pertemuan 1
Siklus 2 Pertemuan Siklus 2 Pertemuan Siklus 2 Pertemuan 2Siklus 2 Pertemuan Siklus 2 Pertemuan 2Siklus 2 Pertemuan 2Siklus 2 Pertemuan Siklus 2 Pertemuan Siklus 2 Pertemuan 2Siklus 2 Pertemuan
Murgiyati, T., Agustiningrum, M. D. B., & Anjarsari, I. (2020). Penggunaan Media APEMM SS BabeSeta dalam Pengenalan Konsep Dasar Matematika Awal pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Putra Champion Karangdowo Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten. Sentra Cendekia, 1(2), 64-70.
Musfiroh Tadkiroatun.( 2019). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: PT. Alpha Aksara.
Slamet Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Shofyatun, A. R., & Nirmala, B. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Menstimulasi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2), 31–38.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sanjaya, Wina. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Triharso, Agung. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Ukhriyawati, C. F., Ningsih, T., Susilowati, T., Agustiningrum, M. D., Firdaus, D. F., Iskandar, A., & Sallu, S. (2019, December). The Integration of Innovation in Education Technology to Improve The Quality of Website Learning in Industrial Revolution Era 4.0 Using Waterfall Method. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.
Zaman, B. (2010). Pengembangan Alat Permainan Edukatif di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Published
2021-07-30
How to Cite
DENOK, Maria; ISTIKLAILI, Fifti; NURYATI, Cucu. Penggunaan Permainan Tradisional Bakiak untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Marenggeng Desa Sindangwangi Kabupaten Brebes. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 63-74, july 2021. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1766>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i2.1766.
Section
Articles