Scaffold Rekonstruksi Mandibula Dari Material Bhipasis Calsium Phospate Dengan Penguat Cangkang Kerang Srimping Dan Gelatin Menggunakan Metode Functionally Graded Material

  • Saifudin Ali Anwar Solechan Samsudi Raharjo Universitas Muhammadiyah Semarang

Abstract

Tumor mandibula berpotensi menimbulkan gangguan atau rusaknya tulang dan perlu dilakukan reseksi untuk mengambilan bagian yang terinfeksi. Akibat reseksi perlu dilakukan rekonstruksi mandibula dengan menggunakan scaffold dan tergantikan sel-sel osteoblas untuk pembentuk tulang.  Penelitian ini tentang pembuatan scaffold rekonstruksi mandibula dari material biphasis calsium phospate dengan penguat cangkang kerang srimping dan gelatin menggunakan metode functionally graded material. Tujuan tersebut akan tercapai dengan optimasi prototype scaffold. Pengujian scaffolds mulai uji ketangguhan retak, metalurgrafi, struktur Kristal, dan porositas. Tujuannya untuk mengetahui karakteristik dan sifat mekanik scaffolds.Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pengujian ketangguhan retak. Hasil yang optimal dimiliki oleh tipe Scaffolds 2/K dengan  kekuatan tekuk ini melebihi kekuatan scaffolds kommersil yaitu sebesar 805 Pa. Pada struktur kristal terbentuk semi kristal pada scaffold berpenguat cangkang kerang dan gelatin pada tempertaur sintering 800oC memiliki sifat sulit teruarai atau terdegradable. Hasil uji SEM untuk penguat gelatin memiliki pori-pori yang besar dan porositas yang tinggi dengan diameter porous ± 200 – 300 µm. Pada uji porositas yang paling optimal pada scaffolds tipe 2/G dengan berpenguat cangkang kerang srimping memiliki kekutan tekuk yang tinggi dan porositas rendah, sebaliknya berpenguat gelatin memiliki porositas tinggi tetapi kekuatan tekuk rendah.

 

Keywords : mandibula, scaffolds, Functionally Graded

Published
2015-11-11
How to Cite
SAMSUDI RAHARJO, Saifudin Ali Anwar Solechan. Scaffold Rekonstruksi Mandibula Dari Material Bhipasis Calsium Phospate Dengan Penguat Cangkang Kerang Srimping Dan Gelatin Menggunakan Metode Functionally Graded Material. GARDAN, [S.l.], v. 5, n. 1, nov. 2015. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/gardan/article/view/413>. Date accessed: 21 nov. 2018.
Section
Articles