Perkembangan Sektor Pariwisata Api Abadi Mrapen Di Desa Manggarmas Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Terhadap Ekonomi Masyarakat

  • Setyana Wijayanti Setyana

Abstract

Pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Grobogan diarahkan bagi kawasan yang memiliki potensi dan prospek yang cerah sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat. Destinasi Wisata yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah Api Abadi Mrapen,terletak di desa Manggarmas Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Kawasan wisata ini terletak ditepi Jalan raya Purwodadi – Semarang, berjarak 26 km dari kota Purwodadi. Komplek Api Abadi Mrapen merupakan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah yang tidak pernah padam walaupun turun hujan sekalipun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan objek wisata Api Abadi Mrapen terhadap ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengaalisis perkembangan sektor wisata Api Abadi Mrapen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian kualitatif ini adalah untuk mendiskripsikan data sehingga mudah mudah dipahami. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa pengembangan objek wisata Api Abadi Mrapen memberikan dampak positif terhadap aktivitas perekonomian masyarakat yang dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat dan tingkat ekonomi masyarakat.

References

Hadi, Sutrisno. 1985. Metodologi Research I. Yogyakarta. Fak. Psikologi UGM.
------ 1993 Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset.
Kartono, Kartini. 1989. Psikologi Pendidikan. Bandung : Pioner Java.
Oka, A. Yoeti.2005.Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta : Pradnya Paramita
Pitana, I Gede.2005.Sosiologi Pariwisata.Yogyakarta : ANDI
Parsono. 1990. Landasan Kependidikan. Jakarta : Universitas Terbuka Jakarta.
P. Gintung. 1994.Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi. Jakarta: Erlangga.
Pendit, Nyoman. 2002. Ilmu Pariwisata : Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta : PT Pradnya Paramiata
Seiddel. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta
Published
2020-05-20
How to Cite
WIJAYANTI, Setyana. Perkembangan Sektor Pariwisata Api Abadi Mrapen Di Desa Manggarmas Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Terhadap Ekonomi Masyarakat. Indonesian Journal of Geography Education, [S.l.], v. 1, n. 1, may 2020. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/ijge/article/view/1194>. Date accessed: 29 sep. 2020.