Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan COVID-19 pada Pedagang di Pasar Sampangan Kota Semarang

  • Rani Tiara Desty Universitas Ivet
  • Wahyuni Arumsari Universitas Ivet
  • Saidatur Rohmah Universitas Ivet

Abstract

Coronavirus Disease (COVID-19) menjadi tantangan dunia kesehatan saat ini. Kasus COVID-19 di Indonesia masih menunjukkan tren peningkatan setiap harinya. Kota Semarang sebagai pusat pemerintahan Jawa Tengah memiliki jumlah kasus COVID-19 terbanyak dengan total 24.660 kasus dan 1.957 kasus kematian. Penularan COVID-19 paling memungkinkan terjadi pada pekerja di sektor umum salah satunya pedagang pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap perilaku pencegahan COVID-19 pada pedagang di Pasar Sampangan, Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan studi obeservasional analitik dengan rancangan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang di Pasar Sampangan yang berjumlah 210 orang dengan sampel sebanyak 53 orang Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku penerapan protocol kesehatan (p=0,01) serta ada hubungan antara sikap dan perilaku penerapan protocol kesehatan pedagang di Pasar Sampangan (p=0,014). Pemberian pengetahuan yang valid dan komperhensif dari Petugas Kesehatan dapat meningkatkan perilaku penerapan protocol kesehatan pada pedagang di Pasar Sampangan.

Published
2021-06-09
How to Cite
DESTY, Rani Tiara; ARUMSARI, Wahyuni; ROHMAH, Saidatur. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan COVID-19 pada Pedagang di Pasar Sampangan Kota Semarang. Indonesian Journal of Health Community, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 19-27, june 2021. ISSN 2775-9997. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/ijheco/article/view/1631>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/ijheco.v2i1.1631.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.