The Effect of Literacy Level on Students’ Learning Achievement In Entrepreneurship Subject In SMK Sultan Fatah Demak

  • Iin Yuliasanti Universitas IVET
  • Marhaeni Dwi Satyarini Universitas IVET

Abstract

Abstrak


UNESCO menyebutkan hanya 0,001% penduduk Indonesia yang memiliki tingkat literasi tinggi.  Untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa, SMK Sultan Fattah Demak memiliki program literasi yang memberi kesempatan siswa untuk membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai pada setiap tanggal 17.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi, prestasi dan pengaruh tingkat literasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan, di SMK. Sultan Fatah Demak. Populasi penelitian siswa kelas XI sebanyak 217 siswa, dan sampel sejumlah 135 siswa. Variabel penelitian adalah : tingkat literasi siswa sebagai variable independent, dan prestasi belajar mata pelajaran Kewirausahaan sebagai variable dependent. Hipotesis penelitian : ada pengaruh tingkat literasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi, data terkumpul dianalisis dengan teknik regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Tingkat literasi siswa yang menjadi responden  menunjukkan nilai rerata 76.95% berada pada kategori tinggi, 2). Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai raport semester gasal, menunjukkan nilai minimal 80 dan nilai maksimal 92, dengan nilai rerata 85,4 dengan kategori tuntas. 3). Hasil analisis regresi dengan uji anova diperoleh persamaan regresi Y = 51,4 + 0.276X,  nilai F = 1151,72 dengan signifikansi 0,00, artinya: hipotesis penelitian yang menyatakan ada pengaruh signifikan tingkat literasi terhadap prestasi belajar siswa diterima.


Abstract


 UNESCO claimed that there was only 0.001% Indonesian who possessed high literacy level. In this regard to improve students’ literacy skills, SMK Sultan Fatah Demak owns literacy program that provides students opportunity to read for 15 minutes before the class begins in the 17th date each month. This study has its purpose to reveal literacy level, achievement, and literacy effect on students’ learning achievement in Entrepreneurship subject in SMK Sultan Fatah Demak. The population of this study covers grade XI students as many as 217 and the sample consists of 135 students. The variable of this study is students’ literacy level as the independent variable and learning achievement in Entrepreneurship subject as the dependent variable. The hypothesis of this study states there has been found significant effect of literacy level on students’ learning achievement in Entrepreneurship subject. The data collection uses questionnaire, interview, observation, and documentation method. The collected data is analyzed with linear regression technique. The research results show 1). Students’ literacy level being the respondent shows average scores 76.95 which is considered to be high in category, 2). Students’ learning  achievement as shown in the odd semester report book shows minimum score 80 and maximal score 92 that constitutes 85.4 in average, and it categorized to be completed, 3). Regression analysis results with anova test resulted in regression equation Y = 51.4 + 0.276 X, F score = 1151.72 with significance 0.00 that means hypothesis explaining it is found to be significant effect of literacy level on students’ learning achievement is accepted.


Keywords: Analysis, Online Learning, Covid-19 Pandemic Period

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus, dkk, 2017, Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis, Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin Yunus, 2016, Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad ke 21 Dalam Konteks KeIndonesiaan, Bandung: Refika Aditama.

Beers, C.S, Beers, J.W & Smith,J.O, 2009, A Principal’s Guide to Literacy Instruction, New York: Guilford Press.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018, Design Induk Gerakan Literasi di Sekolah, Jakarta: Dirjen.
Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fajarwati, Yunitha, 2012, Pengaruh kemampuan Literasi Informasi Terhadap prestasi Belajar siswa SMAN 1 Depok, Skripsi, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20297394-S1886-Yunitha%20Fajarwati.pdf, diakses 4 Mei 2019

Fransisca Novita, 2019, PISA dan Literasi Indonesia, https://www.kompasiana.com, diakses 28 April 2019

Kemendikbud, 2016, Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12 , diakses tanggal 4 Mei 2019.

Satgas Gerakan Literasi Sekolah, Ditjen Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018, Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013), Edisi II, Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Saomah, Aas, 2011, Implementasi Teori Belajar Dalam Pendidikan Literasi, https://ebookbrowse.com/implementasi-teori-belajar-dalampendidikan-literasi-pdf , diakses 3 April 2019.

Syah, Muhibbin, 2007, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Tu’u, 2004, Peran Disiplin pada Perilaku dan prestasi Siswa, Jakarta: PT. Buni Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia No. 3 tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan.

WainWright, Gordon, 2006, Speed Reading Better Recalling, Memanfaatkan Teknik-Teknik Teruji Untuk Membaca Lebih Cepat dan Mengingat Secara Maksimal,
Jakarta: Gramedia Puataka Utama.

Zaini, 2018, Program Literasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa , Studi Kasus di SMA. Al-Miftah Potoan Laok Pelengaan Pemekasan dan SMA Al_Aziz Tlambah Karangpenang Sampang, Skripsi, https://www.digilib.uinsby.ac.id , diakses 4 April 2019.
Published
2020-12-26
How to Cite
YULIASANTI, Iin; SATYARINI, Marhaeni Dwi. The Effect of Literacy Level on Students’ Learning Achievement In Entrepreneurship Subject In SMK Sultan Fatah Demak. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 48-55, dec. 2020. ISSN 2721-835X. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/1397>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1397.