Desain Robot Beroda dengan Sistem Kendali Headset Gelombang Otak

  • Arif Wibisono Universitas PGRI Semarang

Abstract

Perkembangan dunia robotika tak terelakkan dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penyokongnya. Terdapat bermacam jenis dan klasifikasi robot, walaupun dasar pengembangannya tidaklah jauh berbeda. Salah satu jenis robot yang diminati dan paling banyak dikembangkan adalah robot beroda.  Komponen robot sendiri secara umum terbagi menjadi 3 bagian, yang pertama sensor, kedua prosesor atau komponen pemroses dan actuator, pada penelitian kali ini yang berperilaku sebagai actuator adalah roda, sedangkan yang berperilaku sebagai sensor, peneliti memanfaatkan headset pembaca gelombang otak dari neurosky, dan yang bertugas sebagai komponen pemroses atau prosesor peneliti menggunakan arduino uno R3. Headset neurosky bekerja secara nirkabel menggunakan koneksi bluetooth, dan data yang dikirimkan berupa level tingkat kekuatan gelombang otak (blink streght level). Sebelum bisa diterjemahkan menjadi sebuah perintah telepati otak, sinyal ini terlebih dahulu ditangkap dan diolah menggunakan handset android menggunakan sebuah aplikasi yang dibangun berbasis blynk IoT, baru setelahnya perintah tersebut dikirimkan ke  arduino sebagai komponen pemroses robot yang sebelumnya telah dipasangi perangkat keras modul bluetooth HC-06 untuk menangkap siaran nirkabel dari perangkat android, baru setelahnya sinyal tersebut diolah oleh arduino menjadi perintah gerak maju, mundur, kiri, kanan robot beroda oleh driver motor L298N. Hasil pengujian pada lingkungan ideal menunjukkan rata-rata keberhasilan system sebesar 85%, sedangkan pengujian pada lingkungan non-ideal (dengan halangan ruang dan jarak) menunjukkan rata-rata keberhasilan system sebesar 40% dengan masing-masing pengujian dilakukan sebanyak 10 kali.


Kata kunci: Robot Beroda, Sistem Kendali, Headset Gelombang Otak.

Published
2020-12-27
How to Cite
WIBISONO, Arif. Desain Robot Beroda dengan Sistem Kendali Headset Gelombang Otak. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 65-72, dec. 2020. ISSN 2620-8415. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/1234>. Date accessed: 20 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v3i2.1234.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.