Relevansi Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer Jaringan dengan Kebutuhan Dunia Industri

  • Titin Kristianingsih Titin Kristianingsih Universitas Ivet
  • Afis Pratama Universitas IVET
  • Handini Arga Damar Rani Universitas IVET

Abstract

Tujuan penelitian ini merupakan suatu kegiatan yang harus diketahui sebelum menentukan kegiatan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan kurikulum yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Komputer Jaringan (TKJ). (2) Mendeskripsikan dan menjalaskan keahlian yang dibutuhkan dunia industri, sesuai dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). (3) Mengetahui tingkat relevansi kompetensi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan kebutuhan dunia industri. Dalam penelitian ini penulis menggunkan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Hasil penelitian ini adalah Nilai 56% menunjukan bahwa Struktur Kurikulum yang telah disusun oleh pemerintah termasuk dalam katagori “Relevan” dengan kompetensi yang dibutuhkan di Perusahaan Kota Blora. Taraf “Relevan” dengan kompetensi yang digunakan sebagai generalisasi terhadap presentase kebutuhan dari semua perusahaan di Kota Blora pada kompetensi TKJ yang ada di sekolah. Secara keseluruhan tingkat relevansi kompetensi SMK TKJ di Kota Blora dengan kebutuhan dunia industri dengan presentase 56%. Ini menunjukan secara keseluruhan kompetensi yang di ajarkan di SMK TKJ Kota Blora relevan dengan dunia industri.


Kata Kunci : relevansi kompetensi, SMK, Teknik Komputer Jaringan, dunia industri.

References

Saputra, Wahyu Andi. 2014. Relevansi Kurikulum Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Dengan Dunia Kerja Di Kota Yogyakarta. Jurnal penelitian.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Pratama, A. (2018). Pengaruh Pengajaran Pemrogaman Animasi melalui Aplikasi Scratch pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Joined Journal (Journal Of Informatics Education), 1(1), 24-31. doi:10.31331/joined.v1i1.613.
Published
2020-12-27
How to Cite
TITIN KRISTIANINGSIH, Titin Kristianingsih; PRATAMA, Afis; DAMAR RANI, Handini Arga. Relevansi Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer Jaringan dengan Kebutuhan Dunia Industri. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-8, dec. 2020. ISSN 2620-8415. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/1413>. Date accessed: 20 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v3i2.1413.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.