Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pelajaran Komputer & Jaringan Dasar X TKJ SMK Al Alif Blora

  • Dwi Safitaria Universitas Ivet
  • Handini Arga Damar Rani Universitas Ivet
  • Afis Pratama Universitas Ivet

Abstract

Motivasi dan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Al Alif Blora tergolong masih rendah karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih belum cukup bervariasi sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar pun rendah. Guna mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih bervariasi yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X TKJ SMK Al-Alif Blora. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran Komputer & Jaringan Dasar dan ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ SMK Al Alif Blora yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dalam bentuk soal uraian dan instrumen untuk mengetahui motivasi belajar siswa berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, persentase motivasi belajar siswa dari siklus I sebesar 58% meningkat menjadi 74% pada siklus II dan berada pada rentang skor tinggi. Pembelajaran kooperatif tipe STAD juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I terdapat hanya 3 siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat sejumlah 75% siswa telah mencapai KKM.


Kata Kunci: Peningkatan Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

Author Biography

Handini Arga Damar Rani, Universitas Ivet

BU HANDIRI ARGA adalah DOSEN UNIVERSITAS IVET dan menjadi Dosen Pembimbing 1 saya.

References

Gintings, A. (2010). Esensi Praktis; Belajar Dan Pembelajaran. Humaniora.
Program Kreatifitas Mahasiswa. (2010). Hasil Evaluasi. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Risdiawati, Y. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions ( Stad) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 4 Sma Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2011/2012. -, 214.
Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2020-12-27
How to Cite
SAFITARIA, Dwi; DAMAR RANI, Handini Arga; PRATAMA, Afis. Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pelajaran Komputer & Jaringan Dasar X TKJ SMK Al Alif Blora. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 27 -32, dec. 2020. ISSN 2620-8415. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/1430>. Date accessed: 20 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v3i2.1430.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.