IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA IKIP VETERAN JAWA TENGAH

  • R Irlanto Sudomo Pendidikan Informatika IKIP Veteran Jawa Tengah

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) pelaksanaan evaluasi, dan (d) faktor penghambat dan pendukung dalam rangka mengimplementasikan e-learning di IKIP Veteran Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah sekretaris program studi pendidikan informatika dosen, pengelola bagian TI dan mahasiswa yang sudah memanfaatkan e-learning di Program Studi Pendidikan Informatika IKIP Veteran Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan 1) metode observasi, 2) metode wawancara, 3) metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data (penyederhanaan), display data (disajikan) dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik trianggulasi metode dan sumber. Trianggulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain, digunakan untuk cross check data. Hasil penelitian 1) Perencanaan dalam implementasi e-learning IKIP Veteran Jawa Tengah meliputi penyiapan fasilitas infrastruktur pendukung, pembuatan rencana pembelajaran semester, memasukkan dosen sebagai pengajar dalam eliv e-learning IKIP Veteran Jawa Tengah, kemudian membuat aktifitas pembelajaran dengan e-learning; 2) Pelaksanaan pembelajaran membuat label pertemuan dalam e-learning selanjutnya dosen menampilkan silabus perkuliahan agar materi perkuliahan dalam satu semester sudah diketahui mahasiswa; 3) Evaluasi implementasi IKIP Veteran Jawa Tengah menggunakan dua cara yakni manual dengan memberi soal dan tugas pada mahasiswa secara langsung , untuk yang kedua dosen memberikan evaluasi dengan meberi quis atau soal melalui e-learning; Faktor penghambat implementasi eliv e-learning di IKIP Veteran Jawa Tengah adalah kemauan dari dosen untuk memanfaatkan e-learning sedangkan faktor pendukung fasilitas lab komputer tersedia sangat baik.

Published
2018-04-13
How to Cite
SUDOMO, R Irlanto. IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA IKIP VETERAN JAWA TENGAH. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-43, apr. 2018. ISSN 2620-8415. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/617>. Date accessed: 21 nov. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.