Pengembangan modul hidrokarbon dengan pendekatan kontekstual berbasis proyek

  • Yunita Dewi Purwati Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Ulya Lathifa Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Fachri Hakim Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo

Abstract

Inovasi modul pembelajaran perlu diupayakan guru dalam rangka mengoptimalkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul hidrokarbon dengan pendekatan kontekstual berbasis proyek. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) dan melibatkan 9 orang peserta didik kelas XII MIPA SMA N 1 Bangsri. Modul dikembangkan dengan mengacu pada tujuh komponen pembelajaran kontekstual, yaitu konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian nyata. Pada komponen pemodelan terdapat pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukan tingkat kelayakan modul yang telah dikembangkan sebesar 0,80 pada aspek materi dengan kategori tinggi; dan 0,83 pada aspek media dengan kategori sangat tinggi. Untuk hasil uji keterbacaan peserta didik diperoleh persentase 78,44% dengan kategori baik, dan hasil tanggapan peserta didik diperoleh 83,26% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul hidrokarbon berpendakatan kontekstual berbasis proyek layak diterapkan dalam pembelajaran.

Published
2020-04-24
How to Cite
PURWATI, Yunita Dewi; LATHIFA, Ulya; HAKIM, Fachri. Pengembangan modul hidrokarbon dengan pendekatan kontekstual berbasis proyek. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 51-68, apr. 2020. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1001>. Date accessed: 07 july 2020. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1001.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.