Lembar kerja peserta didik berbasis Livewire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK

  • Rizki Noor Prasetyono Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Peradaban, Brebes, Indonesia
  • Rito Cipta Sigitta Hariyono Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Peradaban, Brebes, Indonesia

Abstract

Keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman nyata khususnya pada materi listrik dinamis masih rendah. Pembelajaran yang berorientasi pada kegiatan praktikum yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah masih belum di integrasikan dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Padahal, LKPD dalam kurikulum 2013 harus membuat siswa memiliki konsep berpikir ilmiah, kreatif, dan kritis.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbantuan livewire dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMK materi listrik dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen semu pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel melalui teknik purposive non random sampling. Analisis data uji hipotesis menggunakan uji t sampel independen. Hasil analisis dapat menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan LKPD berbasis livewire dengan tidak menggunakan LKPD. Peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengemukakan pendapat dan mudah dalam memahami materi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis livewire ini efektif digunakan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMK pada materi listrik dinamis.

References

Al-Mahrooqi, R., & Denman, C. J. (2020). Assessing Students’ Critical Thinking Skills in the Humanities and Sciences Colleges of a Middle Eastern University. International Journal of Instruction, 13(1), 783–796. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13150a
Amini, N. U., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analysis Students ’ Critical Thinking Skills in. Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 51–69.
Din, M. (2020). Evaluating university students’ critical thinking ability as reflected in their critical reading skill: A study at bachelor level in Pakistan. Thinking Skills and Creativity, 35(January), 100627. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100627
Fajriyanti, Z. D., Ernawati, T., & Sujatmika, S. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 149. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.691
Fanny, R. S., & Mitarlis. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 9(1), 21–25.
Hanim Rahmat, N., Aripin, N., Maizura Lin, N., Whanchit, W., & Khairuddin, Z. (2020). Exploring the Connection between Critical Thinking Skills and Academic Writing. International Journal of Asian Social Science, 10(2), 118–128. https://doi.org/10.18488/journal.1.2020.102.118.128
Hasnunidah, N., Susilo, H., Irawati, M., & Suwono, H. (2019). The contribution of argumentation and critical thinking skills on students’ concept understanding in different learning models. Journal of University Teaching and Learning Practice, 17(1).
Julian, R., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. PROCEEDINGS OF THE 1st STEEEM 2019, 1(1), 238–243.
Kusumoto, Y. (2018). Enhancing critical thinking through active learning. Language Learning in Higher Education, 8(1), 45–63. https://doi.org/10.1515/cercles-2018-0003
Mahardini, T., Khaerunisa, F., Wijayanti, I. W., & Salimi, M. (2019). Research Based Learning (Rbl) To Improve Critical Thinking Skills. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(2), 466. https://doi.org/10.20961/shes.v1i2.26816
Mahtari, S., Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Dewantara, D. (2020). The effectiveness of the student worksheet with PhET simulation used scaffolding question prompt. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012010
Marfilinda, A. S. S., & Suparman. (2019). Analisis kebutuhan E-LKPD untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran discovery learning. 1(1), 185–192.
Misbah, Dewi, D., Sayid Muhammad, H., & Syubhan, A. (2018). THE DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET BY USING GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO TRAIN STUDENT’S SCIENTIFIC ATTITUDE. Unnes Science Education, 7(1), 16–26. https://doi.org/10.29210/20181100
Muchsinin, S., & Handhika, J. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Fisika Di Smkn 1 Wonoasri. Prosiding SNPF (Seminar Nasional …, 2017–2019. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/699
Muhibbuddin, Ilyas, S., & Samya, C. E. P. (2019). Improving Critical Thinking Skill and Scientific Behavior Through the Implementation of Predict Observe Explain Learning Model. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, 5(15), 337–342. https://doi.org/10.18768/ijaedu.593881
Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805
Nurhasanah, Nawawi, E., & Susanti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Praktikum Biokimia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 61–80. https://doi.org/10.36706/jip.v9i1.16
Prasetyono, R. N., & Sigitta, R. C. (2019). PENGARUH FLIPBOOK GERBANG LOGIKA DENGAN MENGGUNAKAN LIVEWIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA. Journal of Informatic Education, 2(2), 50–62. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/joined.v2i2.927
Prasetyono, R. N., & Trisnawati, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Empat Pilar Pendidikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 162. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.679
Rauscher, W., & Badenhorst, H. (2020). Thinking critically about critical thinking dispositions in technology education. International Journal of Technology and Design Education. https://doi.org/10.1007/s10798-020-09564-3
Samsul, B. (2019). PENGGUNAAN MULTIPLEREPRESETASI DAN ARGUMETASI ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Serambi Ilmu, 13(1), 46–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32672/si.v13i1.1043
Solihah, M., & Sulistyani, A. (2018). The Use of Problem based Learning to Improve Elementary School Students’ Critical Thinking Skills. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things. https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2282161
Sugiyono. (2017). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. In Metodelogi Penelitian.
Supriyati, Y., & Rustana, C. E. (2019). BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI VIRTUAL DARI APLIKASI LIVEWIRE PADA MATERI ARUS SEARAH ( DC ) UNTUK SMA KELAS XII. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019, VIII, 239–246. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/03.SNF2019
Wibowo, H. A. C. (2018). Rancang Bangun Simulasi Komputer untuk Pembelajaran Fisika pada Topik Selektor Kecepatan dengan Metode Numerik Euler. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 141. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.684
Yaumi, M. R., Sutopo, & Parno. (2019). PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI HUKUM NEWTON GRAVITASI DAN HUKUM KEPLER. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 7(1), 21–27.
Zikri, A., & Ta’ali. (2020). Pengembangan LKPD pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 132–137.
Published
2020-04-09
How to Cite
PRASETYONO, Rizki Noor; HARIYONO, Rito Cipta Sigitta. Lembar kerja peserta didik berbasis Livewire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 39-50, apr. 2020. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1111>. Date accessed: 27 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1111.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.