Pengembangan buku pengayaan kearifan lokal: Jakarta dalam kimia

  • Diana Rafita Septiani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Salamah Agung Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Evi Sapinatul Bahriah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Buku pelengkap pengetahuan dari buku teks kimia yang mengaitkan antara mteri kimia dengan kearifan lokal khususnya Kota Jakarta dapat disebut juga dengan buku pengayaan kimia berbasis kearifan lokal Kota Jakarta. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa buku pengayaan kimia berbasis kearifan lokal Kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research dan Development) dengan model ADDIE. Ada 5 tahapan dalam model ADDIE ini. Tahap pertama yaitu analyze (analisis), tahap kedua yaitu design (desain), tahap ketiga yaitu develop (pengembangan), tahap keempat yaitu implementation (implementasi), dan tahap kelima yaitu evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi ahli dan angket respon guru. Teknik analisis data menggunakan skala guttman dan rating scale. Berdasarkan aspek materi, aspek penyajian, aspek Bahasa, dan aspek kegrafikan maka dilakukan uji coba terbatas dan pemberian angket kepada 10 guru bidang studi kimia SMA di Kota Jakarta dengan diperoleh nilai rata-rata buku pengayaan sebesar 85,43 dengan predikat sangat baik dan layak dijadikan sebagai buku pelengkap pengetahuan untuk siswa siswi SMA di Kota Jakarta.

References

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Amir, A., Soendjoto, M. A., & Dharmono, D. (2016). Validity of Enriched Teaching-Materials For SMP / MTs Based on the Research of Eating Behavior of Long-Tail Macaque (Macaca Fascicularis, Raffles) in the Rubber Forest. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 58–62.
Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2015). The Insertion of Local Wisdom into Instructional Materials of Bahasa Indonesia for 10th Grade Students in Senior High School. Journal of Education and Practice, 6(33), 89–92.
Ardan, A. S., Ardi, M., Hala, Y., Supu, A., & Dirawan, G. D. (2015). Needs assessment to development of biology textbook for high school class X-based the local wisdom of Timor. International Education Studies, 8(4), 52–59. https://doi.org/10.5539/ies.v8n4p52
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Asmani, J. M. (2012). Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogjakarta: Diva Press.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design. In Encyclopedia of Curriculum Studies. https://doi.org/10.4135/9781412958806.n258
Jannah, D. F., Dwiningsih, K. (2013). Kelayakan Buku Ajar Kimia Berorientasi Quantum Learning Pada Materi Pokok Kimia Unsur Untuk Siswa Kelas XII SMA. Journal of Separation Science and Engineering, 2(2), 163–170.
Kurniasari, D.A.D; Rusilowati, A; Subekti, N. (2014). Unnes Science Education Journal. Unnes Science Education Journal, 5(2), 462-467. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/usej.v3i2.3349
Martin HB, F.P. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Science Entrepreneurship Berbasis Hasil Penelitian Untuk Mendukung Program Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 29(2), 101-108. https://doi.org/10.15294/jpp.v29i2.5651
Purwanto, N. (2012). Instrumen & Rubrik Penilaian Buku PengayaanPengetahuan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Puskurbuk. (2014). Pedoman Penilaian Buku Nonteks. Jakarta: Kemendikbud.
Puskurbuk. (2016). Instrumen & Rubrik Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan. Jakarta: Kemendikbud.
Qomariyah, N., Desnita, & Permana, A. H. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Kajian Fisis Fenomena Gunung Berapi untuk Siswa SMA. Prosiding SNIPS, 607–613.
Riduwan. (2011). Dasar-dasar Statistika. Bandung: ALFABETA.
Sari, R., Harijanto, A., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Lks IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 70-77. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7227
Subijanto. (2015). Kebijakan program pendidikan berbasis keunggulan lokal di sekolah menengah atas negeri 2 Pekalongan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(2), 115–134.
Suswandari. (2016). Pemahaman Sejarah, Budaya, dan Kearifan Lokal Etnik Betawi Pada Sekolah Dasar di Wilayah DKI Jakarta. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 34–55.
Suswandari. (2017). Kearifan Lokal Etnik Betawi (Mapping Sosio-kultural Masyarakat Asli Jakarta). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wagiran. (2011). Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal Dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020 (Tahun Kedua). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan , 3(5), 1–29.
Published
2020-12-15
How to Cite
SEPTIANI, Diana Rafita; AGUNG, Salamah; BAHRIAH, Evi Sapinatul. Pengembangan buku pengayaan kearifan lokal: Jakarta dalam kimia. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2020. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1209>. Date accessed: 23 jan. 2021. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1209.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.