Pengembangan Virtual Laboratory pada topik kultur jaringan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa

  • Hartini Hartini Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • Erlia Narulita Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • Mochammad Iqbal Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

Abstract

Penggunaan Virtual Laboratory dapat membantu siswa dalam memahami konsep yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Virtual Laboratory pada topik kultur jaringan tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII MIA SMA Negeri 3 Jember (N=39). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (define, design, develop, disseminate). Hasil penelitian menunjukan tingkat kelayakan Virtual Laboratory yang telah dikembangkan sebesar 84,72% pada aspekateri; 80,73% pada aspek pengembangan bahan ajar; dan 79,73% pada aspek media. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Virtual Laboratory yang dikembangkan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik kultur jaringan tumbuhan.

References

Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Bonde, M. T., Makransky, G., Wandall, J., Larsen, M. V., Morsing, M., Jarmer, H. Ø., & Sommer, M. (2014). Improving biotech education through gamified laboratory simulations. Nature Biotechnology, 32(7), 694–698. http://doi.org/10.1038/nbt.2955
Diwakar, S., Kumar, D., H., S., Nizar, N., Achuthan, K., Nedungadi, P., … Nair, B. (2016). Complementing education via virtual labs: implementation and deployment of remote laboratories and usage analysis in South Indian villages. Interanational Journal of Online and Biomedical Engineering (IJOE), 12(3), 8–15. http://doi.org/10.3991/ijoe.v12i03.5391
Fahdi, F., Harahap, F., & Sipahutar, H. (2016). Analisis kesulitan penguasaan perangkat pembelajaran bioteknologi pada guru biologi SMA se-Kabupaten Langkat. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(4), 92–100. http://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6697
Fesol, S. F. A., Salam, S., Osman, M., Bakar, N., & Salim. (2016). Learning style approaches for gen Y: an assessment conducted in a Malaysian Technical University. Pertanika J. Soc. Sci. & Hum, 24(4), 1335–1347. Retrieved from http://www.pertanika.upm.edu.my/Pertanika PAPERS/JSSH Vol. 24 (4) Dec. 2016/06 JSSH-1361-2015.pdf
García-peñalvo, F. J., Hernández-garcía, Á., Conde, M. Á., Alier, M., Llorens-largo, F., & Fidalgo-Blanco, Á. (2015). Learning services-based technological ecosystems. In Third International Conference on Technological Ecosystems for Enhancing Multiculturality - TEEM’15 1. (pp. 467–472). Porto.
Hake, R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods?: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. http://doi.org/10.1119/1.18809
Herga, N. R. (2014). Virtual laboratory as an element of visualization when teaching chemical contents in science class. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(4), 157–165. Retrieved from http://www.tojet.net/articles/v13i4/13418.pdf
Hossain, Z., Jin, X., Bumbacher, E. W., Chung, A. M., Koo, S., Shapiro, J. D., … Riedel-kruse, I. H. (2015). Interactive sloud experimentation for biology: an online education case study. In Proceedings of the 33rd Annual ACM Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 3681–3690). Seoul. http://doi.org/10.1145/2702123.2702354
Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). STEM virtual lab: an alternative practical media to enhance student’s scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 239–246. http://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.5492
Kamaludin, S., Surtikanti, H. K., & Surakusumah, W. (2018). Developing issue-based teaching materaials to improve student learning outcomes in freshwater biology course. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 161–170. http://doi.org/10.22219/jpbi.v412.5549
Mueller, A. L., Knobloch, N. A., & Orvis, K. S. (2015). Exploring the effects of active learning on high school students’ outcomes and teachers’ perceptions of biotechnology and genetics instruction. Journal of Agricultural Education, 56(2), 138–152. http://doi.org/10.5032/jae.2015.02138
Nugraheni, D. (2018). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inquiry materi pengukuran untuk meningkatkan kreativitas siswa. Natural, 5(2). http://doi.org/10.30738/natural.v5i2.3252
Raihan, A., & Shamim, R. H. (2013). A study to explore the practice of ICTs in TVET in Bangladesh and Siuth Korea. International Journal of Engineering Science and Innovative Technology (IJESIT), 2(4), 351–360. Retrieved from http://www.ijesit.com/Volume 2/Issue 4/IJESIT201304_46.pdf
Rukianing, L. A., Sudhita, I. W. R., & Mahadewi, L. P. P. (2014). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif PKn dengan model ADDIE untuk siswa kelas VII SMP. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3881/3103
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. S. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153–166. http://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501
Sasidharakurup, H., Radhamani, R., Kumar, D., & Nizar, N. (2015). Using Virtual Laboratories as Interactive Textbooks?: Studies on Blended Learning in Biotechnology Classrooms, 2(6), 1–13.
Sukardi, S. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook. Indiana: ERIC. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf
Vega-Hernández, M. C., Patino-Alonso, M. C., & Galindo-Villardón, M. P. (2018). Multivariate characterization of university students using the ICT for learning. Computers & Education, 121, 124–130. http://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.03.004
Wahono, B., Rosalina, A. M., Utomo, A. P., & Narulita, E. (2018). Developing STEM based student’s book for grade XII biotechnology topics. Journal of Education and Learning, 12(3), 450–456. http://doi.org/10.11591/edulearn.v12i3.7278
Widiyawati, Y. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran IPA bagi peserta didik visual impairment di SLB. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 9–23. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/510
Widiyawati, Y., & Nurwahidah, I. (2018). Elclivs berbasis inquiry untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa tuna netra pada materi rangkaian listrik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 212–223. http://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21527
Published
2019-04-28
How to Cite
HARTINI, Hartini; NARULITA, Erlia; IQBAL, Mochammad. Pengembangan Virtual Laboratory pada topik kultur jaringan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-16, apr. 2019. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/658>. Date accessed: 19 july 2019. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.658.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.