Kombinasi pendekatan saintifik dan lingkungan serta pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa SD

  • Magdalena Chori Rahmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Bahasa, Unika Atma Jaya Jakarta
  • Naomi Dias Laksita Dewi Sekolah Tumbuh Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Yogyakarta

Abstract

Pendekatan saintifik maupun pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan merupakan dua bentuk pembelajaran yang mampu memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik dan pendekatan lingkungan terhadap hasil belajar siswa SD Tarakanita Gading Serpong kelas V pada tema “peristiwa dalam kehidupan”. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas VC sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai p < 0,05. Oleh karena itu, penerapan pendekatan saintifik yang dikombinasikan dengan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa secara signifikan.

References

Alvitasari, D., Ngabekti, S., & Irsadi, A. (2016). Pendekatan jelajah alam sekitar dengan memanfaatkan laboratorium biologi dan kebun wisata pendidikan UNNES sebagai sumber belajar materi keanekaragaman hayati. Unnes Journal of Biology Education, 5(2), 198–206. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/14662/7995
Amin, A. M., & Adiansyah, R. (2018). Lecturers’ perception on students’ critical thinking skills development and problems faced by students in developing. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i1.5181
Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). Pembelajaran saintifik elektronika dasar berorientasi pembelajaran berbasis masalah. INVOTECH, IX(2), 165–178. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4878
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20–29. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126
Laksita, R., Sulistya, D. E. R., & Nurwahyuni, A. (2017). Pengaruh pembelajaran outdoor learning pada model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pencemaran lingkungan kelas X di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1). Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/515/528
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. . (2014). Pengaruh pembelajaran pendekatan saintifik terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4. Retrieved from http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1316/1017
Ningtyas, R. ., & Purnomo, T. (2018). Penerapan pendekatan saintifik pada materi pencemaran lingkungan dan dampaknya untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Pensa-Ejournal, 81(8), 482–486. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/25439/23320
OECD. (2014). PISA 2012 results in focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Retrieved from http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf
Paut, M. S. (2016). Penerapan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6, 511–517. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1238/1114
Prastowo, A. (2013). Pemenuhan kebutuhan psikologis peserta didik SD/MI melalui pembelajaran tematik-terpadu. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1–13. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/70962-ID-pemenuhan-kebutuhan-psikologis-peserta-d.pdf
Pratama, H., Sarwanto, & Cari. (2015). Pengembangan modul pembelajaran IPA fisika SMP kelas IX berbasis pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) pada materi gerakan bumi dan bulan yang terintegrasi budaya Jawa. Jurnal INKUIRI, 4(1), 11–20. Retrieved from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/article/view/7416
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087/2561
Ramdiah, S., Abidinsyah, Royani, M., & Husamah. (2019). Understanding, planning, and implementation of HOTS by senior high school biology teachers in Banjarmasin-Indonesia. International Journal of Instruction, 12(1). Retrieved from http://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2019_1_28.pdf
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153–166. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501
Savitri, E. ., & Sudarmin. (2016). Penerapan pendekatan JAS (jelajah alam sekitar) pada mata kuliah konservasi dan kearifan lokal untuk menanamkan softskill konservasi pada mahasiswa IPA UNNES. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1109–1115. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9570
Situmorang, R. P. (2016). Analisis learning continuum tingkat SD sampai SMP pada tema sistem pencernaan manusia. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 1–3. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p1-13
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Uswatun, D. A., & Widiyanto, R. (2018). Analisis aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berbasis scientific approach di sekolah dasar sebagai implementasi 21st century skills. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran ), 2(2), 174–188. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.680
Wijayanti, A. (2014). Pengembangan autentic assesment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3107
Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran berbasis scientific aproach siswa kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240–254. https://doi.org/10.12776/ams.v19i3.162
Zumroh, N., Rahayu, E. S., & Dewi, N. K. (2018). Keefektifan model pembelajaran window shopping dan pendekatan jelajah alam sekitar pada materi ekosistem. Journal of Biology Education, 7(2), 221–225. https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24269
Published
2019-04-28
How to Cite
RAHMAWATI, Magdalena Chori; DEWI, Naomi Dias Laksita. Kombinasi pendekatan saintifik dan lingkungan serta pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa SD. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 28-37, apr. 2019. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/677>. Date accessed: 19 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.677.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.