Efek kooperatif-talking chips terintegrasi video pembelajaran pada hasil belajar siswa

  • Qurratun Khairina Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Nofri Yuhelman Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Jumriana Rahayuningsih Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Kuantan Singingi

Abstract

Model kooperatif tipe talking chips memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pembelajaran kooperatif tipe talking chips berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tata nama senyawa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas X TSM 2 SMKN 1 Teluk Kuantan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan perhitungan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 85%. Oleh karena itu, terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa.

References

Alimah, S. (2012). Pengembangan multimedia pembelajaran embriogenesis untuk mengoptimalkan pemahaman kognitif mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2130
Andriani, Y. (2017). Pengembangan model pembelajaran nobibasisku pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 6 OKU (modifikasi model pembelajaran kooperatif berbasis inkuiri). Didaktika Biologi, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i1.958
Asmarnis, Yuhelman, N., & Murwindra, R. (2016). Media dan efektivitas belajar siswa untuk mewujudkan pendidikan yang berdaya saing tinggi. Jurnal Zarah, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.31629/zarah.v4i1.171
Bayharti, Bahrizal, & Fitriani, R. (2017). Penggunaan teknik talking chips pada model kooperatif hasil belajar dalam pembelajaran tata nama senyawa dan persamaan reaksi kimia di SMAN 2 Pariaman. Jurnal Entropi, 12(1), 7–14. https://doi.org/10.34312%2Fjjec.v12i1.2203
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Dewi, M. A. C., Sugiarta, I. ., & Suarsana, I. . (2015). Penerapan pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 3(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/view/5051/3814
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Gutmann, J., Kühbeck, F., Berberat, P. O., & Fischer, M. R. (2015). Use of learning media by undergraduate medical students in pharmacology?: a prospective cohort study. PLOS ONE, 10(4), 1–11. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0122624
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86. Retrieved from https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/35968572/8-Ghullam_Hamdu1.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1557969754&Signature=RxjYzdOOWnXBAzDUs7fVEWUOzVg%3D&response-content-disposition=inline%3B filename%3DPENGARUH_MOTIVASI_BELAJAR_SISWA_TERHADAP.pdf%0D
Handayani, E. M. T., Prihatin, J., & Fikri, K. (2018). The development of collaborative learning talking chips based on brain-based learning (BBL) for the junior high school science in the agroecosystem area. Pancaran Pendidikan, 7(4), 73–86. https://doi.org/10.25037/pancaran.v7i4.210
Hariyanto, Y., & Asto, I. G. P. (2015). Pengaruh metode pembelajaran tipe talking chips terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semi konduktor di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 999–1005. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/13004/4744
Hasairin, A., & Apriyanti, D. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips pada materi keanekaragaman hayati di MAN 1 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4), 253–264. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11719
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.17977/jpb.v7i1.713
Kurniawan, M. R. (2014). Penerapan media audio visual terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas IV SDN Bibis 113 Surabaya tahun ajaran 2013-2014. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, II(3), 559–563. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/9983/9777
Kusmana, A. (2011). E-learning dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan, 14(1), 35–51. https://doi.org/0.24252/lp.2011v14n1a3
Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning ( PjBL ) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Developing a Learning Kit with Project Based Learning Model ( PjBL ) to Improve Scientific Process Skills and Creativity. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241–251. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi Jurnal
Lestari, A. W. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA SMP berbasis kooperatif tipe STAD pada tema fotosintesis di SMP GIKI-3 Surabaya. PENSA E-Jurnal, 1(1), 1–8. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/222/158
Nugroho, A. (2010). Rekayasa perangkat lunak berorientasi objek dengan metode USDP (unifeld software development process). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087/2561
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153–166. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501
Satriani, N. N., Manuaba, I. B. ., & Negara, I. G. A. . (2018). Pengaruh model pembelajaran talking chips berbasis lesson study terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/14617/8934
Sukardi, S. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suryosubroto. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilowati, I., Iswari, R. S., & Sukaesih, S. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia. Unnes.J.Biol.Educ., 2(1), 82–90. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/2618/2408
Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi” berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 140–145. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/viewFile/3113/3130
Tivani, I., & Paidi. (2016). Pengembangan LKS biologi berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.8804
Wibawa, L. P. A. N. P., Wirya, I. N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh model pembelajaran talking chips terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7429/5072
Widiyawati, Y., & Nurwahidah, I. (2018). Elclivs berbasis inquiry untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa tuna netra pada materi rangkaian listrik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 212–223. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21527
Yanda, A. B., Asrul, & Yusnetti. (2013). Pengaruh peggunaan teknik talking chips terhadap hasil belajar IPA fisika siswa kelas VII SMPN 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Pillar Of Physics Education, IV, 97–103. https://doi.org/10.24036/497171074
Yusuf, M. M., Amin, M., & Nugrahaningsih. (2017). Developing of instructional media-based animation video on enzyme and metabolism material. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3), 254–257. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4744
Published
2019-04-29
How to Cite
KHAIRINA, Qurratun; YUHELMAN, Nofri; RAHAYUNINGSIH, Jumriana. Efek kooperatif-talking chips terintegrasi video pembelajaran pada hasil belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 77-86, apr. 2019. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/739>. Date accessed: 19 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.739.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.