Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa

  • Ngulmi Khamidah Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
  • Winarto Winarto Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
  • Vita Ria Mustikasari Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang

Abstract

Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran IPA sangat penting karena dapat meningkatkan efektivitas dalam peningkatan hasil belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan bahan ajar digital interaktif dalam pembelajaran IPA dengan model discovery learning terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Ponorogo. Penelitian quasi-eksperimen ini menggunakan posttest-only group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan bahan ajar digital interaktif dengan model discovery learning terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan bahan ajar digital interaktif dengan model discovery learning bisa digunakan oleh guru untuk mengakomodasi kemampuan kognitif siswa sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat.

References

Anjarwati, D., Winarno, A., & Churiyah, M. (2016). Improving learning outcomes by developing instructional media-based Adobe Flash Professional CS 5.5 on principles of business subject. IOSR Journal of Research & Method in Education, 6(5), 1–6. https://doi.org/10.9790/7388-0605010106
Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2013). Development of interactive media for ICT learning at elementary school based on student self learning. Journal of Education and Learning, 7(2), 121. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.226
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroyo Cirebon. Al Ibtida, 3(1), 116–137. Retrieved from http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/ view/584
Chien, C.-H., Chen, C.-H., & Jeng, T.-S. (2010). An interactive augmented reality system for learning anatomy structure. International Multi Conference of Engineers and Computer Scientists, 1, 6. https://doi.org/10.1007/978-3-642-10470-1_18
Dewi, S. R., Nurmilawati, M., & Budiretnani, D. A. (2017). Improving of scientific literacy ability using discovery learning model at the seventh grade students of state JHS 3 Ngronggot, Nganjuk-Indonesia. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(3), 266–271. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4597
Djamarah, & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Druckman, D., & Ebner, N. (2017). Discovery learning in management education?: design and case analysis. Journal of Manajement Education, 0(0), 1–28. https://doi.org/10.1177/1052562917720710
Fadhashar, R., Indriyanti, D. R., & Lisdiana. (2017). Penerapan model guided note taking dengan video pada pembelajaran sistem saraf di SMP. Journal of Biology Education, 6(1), 19–25. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i1.13974
Firdaus, S., Damiri, D. J., & Tresnawati, D. (2012). Perancangan aplikasi multimedia interaktif company profile generic. Jurnal Algoritma, 1(9), 1–10. Retrieved from http://sttgarut.ac.id/jurnal/index.php/algoritma/article/view/10
Fitri, M., & Derlina. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. INPAFI Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2). https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5130
Gunawan, Harjono, A., & Sutrio. (2015). Multimedia interaktif dalam pembelajaran konsep listrik bagi calon guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(1). https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230
Gustina, Abu, S. H. N., & Hamsyah, E. F. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 18 Makassar studi pada materi pokok asam, basa dan garam. Jurnal Chemica, 17(2), 12–18. https://doi.org/10.26858/chemica.v17i2.4680
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Harsono, B., Soesanto, & Samsudi. (2009). Perbedaan hasil belajar antara motode ceramah konvensional dengan ceramah berbantuan media animasi pada pembelajaran kompetensi perakitan dan pemasangan sistem rem. Jurnal PTM, 9(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/202
Hayati, D. P., Bintari, S. H., & Sukaesih, S. (2018). Implementation of the practicum methods with guided-discovery model to the student skill of science process. Journal of Biology Education, 7(1), 118–126. https://doi.org/10.15294/jbe.v7i1.23005
Hayati, N., & Berlianti, N. A. (2016). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa universitas hasyim asy’ari melalui pembelajaran discovery terbimbing. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 2(3), 206–214. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i3.3857
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4, 49–54. Retrieved from journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/ download/4810/3587
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3). https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262
Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, I. K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). Retrieved from http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1081
Izzudin, A. M., Masugino, & Suharmanto, A. (2013). Efektifitas penggunaan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar praktik service engine dan komponen-komponennya. Automotive Science and Education Journal, 2(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej/article/view/1910
Kementerian pendidikan dan kebudayaan. (2016). Standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90–98. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25
Kurniawan, T. D., & Triharsiwi, T. (2016). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD se-kecamatan Gedangsari Gunungkidul tahun ajaran 2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i1.739
Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Leow, M. F. (2014). Interactive multimedia learning: Innovating classroom education in a Malaysian University. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 99–110. Retrieved from http://www.tojet.net/articles/v13i2/13211.pdf
Lin, C.-S., & Wu, R. Y.-W. (2016). Effects of web-based creative thinking teaching on students’ creativity and learning outcome. EURASIA Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(6), 1675–1684. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1558a
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis tekonologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nurwahidah, I. (2018). Pengembangan soal penalaran model TIMSS untuk mengukur high order thinking (HOT). Thabiea?: Journal of Natural ScienceTeaching, 1(1), 20–29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3874
Oyedele, V., Rwambiwa, J., & Mamvuto, A. (2013). Using educational media and technology in teaching and learning processes: A case of trainee teachers at Africa University. Academic Research International, 4(1). Retrieved from http://www.savap.org.pk/journals/ARInt./Vol.4(1)/2013(4.1-30).pdf
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 18. Retrieved from https://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/viewFile/3659/2560
Ramadhani, D. G., Mulyani, B., & Utomo, B. (2016). Pengaruh penggunaan media mobile learning berbasis android dan LKS dalam model pembelajaran student team achivement division (STAD) terhadap prestasi belajar ditinjau dari kemampuan memori pada materi pokok sistem koloid kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto t. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(4), 16–25. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9019/6917
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3, 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588
Supriyanto, B. (2014). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI B mata pelajaran matematika pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165–167. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/753
Suradnya, L. S. A., Suyanto, E., & Suana, W. (2016). Modul interaktif dengan program LCDS untuk materi cahaya dan alat optik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 35–46. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/11073
Sutarno. (2011). Penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran medan magnet untuk meningkatkan keterampilan generik sains mahasiswa. Jurnal Exacta, IX(1), 60–66. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/1088/
Viajayani, E. R., Radiyono, Y., & Rahardjo, D. T. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan macromedia flash pro 8 pada pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 144–155. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1774
Wahjudi, E. (2015). Penerapan discovery learning dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.24929/fkip.v5i1.242
Wardani, S., Mudzalipah, I., & Hidayat, E. (2013). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk memfasilitasi belajar mandiri mahasiswa pada mata kuliah kapita selekta matematika. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 167–177. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i2.7
Widiyawati, Y. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran IPA bagi peserta didik visual impairment di SLB. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 9–23. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/510
Published
2019-05-02
How to Cite
KHAMIDAH, Ngulmi; WINARTO, Winarto; MUSTIKASARI, Vita Ria. Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 87-99, may 2019. ISSN 2598-0904. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/770>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.