Model problem based learning berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa
Abstract
Jurnal belajar dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan kegiatan menilai diri sendiri yang dapat dintegrasikan dengan problem-based learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan metakognitif siswa. Desain penelitian ini yaitu quasi-experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model PBL berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar kognitif sebesar 61% dengan kategori kuat, sedangkan pengaruh model PBL berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif sebesar 41% dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis data untuk belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa model PBL berbantuan jurnal belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji t menunjukkan bahwa jurnal belajar memberikan pengaruh yang sedang terhadap kemampuan metakognitif siswa. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan jurnal belajar berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan metakognitif siswa.
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for Learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Longman.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Asiah, I. N., Sudarti, & Lesmono, A. D. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar fisika Siswa di SMA negeri arjasa kelas X. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 327–330. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3085
Black, S. A., & Schwartz, A. J. (2015). Learning: Behavior grounded in experiences. Anesthesiology, 123(1), 10–11. https://doi.org/10.1097/ALN.0000000000000700
Dunlap, B. J. C. (2006). Using guided reflective journaling activities to capture students ’ changing perceptions. TechTrends, 50(6), 20–26. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ774643
Dwi, I. M., Arif, H., & Sentot, K. (2013). Pengaruh strategi problem based learning berbasis ICT terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(5), 8–17. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2575
Fauziya, D. S., & Suhara, A. M. (2015). Evaluasi pembelajaran melalui penulisan jurnal reflektif berbasis penilaian diri di PBS. Indonesia STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 46–52. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p46-52.163
Handika, I., & Wangid, M. N. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, I(1), 85–93. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2320
Herlianti, P. S., Linuwih, S., & Dwijananti, P. (2015). Independent learning strategy of natural science with “one day one diary for science” program. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 148–155. https://doi.org/10.15294/jpfi
Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sains di kelas. Erudio, 2(2), 13–20. Retrieved from https://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/151
Jariyah, I. A. (2017). Efektivitas pembelajaran inkuiri dipadu sains teknologi masyarakat (STM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i1.3888
Kallio, H., Virta, K., & Kallio, M. (2018). Modelling the components of metacognitive awareness. International Journal of Educational Psychology, 7(2), 94–122. https://doi.org/10.17583/ijep.2018.2789
Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melaui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204–210. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2140
Khusniati, M. (2014). Model pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan karakter konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1), 67–74. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/3091
Kissin, Y. V. (2013). Natural sciences: Definitions and attempt at classification. Cosmos and History: The Journal of Natural and Social Philosophy, 9(2), 116–137. Retrieved from https://www.cosmosandhistory.org/index.php/journal/article/view/372
Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh problem based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif , berpikir kritis , dan kognitif biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan, 23(1), 33–47. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Siti_Zubaidah5/publication/322467159_Pengaruh_Problem_Based_Learning_Dipadu_Strategi_Numbered_Heads_Together/links/5a59fb4f0f7e9b5fb38553cc/Pengaruh-Problem-Based-Learning-Dipadu-Strategi-Numbered-Heads-Together.pdf/in
Lwin, M., Khoo, A., Lyen, K., Sim, C., Christine, S., & Sugirin. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: Indeks.
M. Huda. (2013). Model-Model Pengajaran & Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Masino, S., & Niño-Zarazúa, M. (2016). What works to improve the quality of student learning in developing countries? International Journal of Educational Development, 48, 53–65. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2015.11.012
Nurwahidah, I. (2017). Penggunaan asesmen pembelajaran IPA bagi siswa visual impairment di SLB Jawa Tengah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 39–50. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/517
Nurwahidah, I. (2018). Pengembangan soal penalaran model TIMSS untuk mengukur high order thinking (HOT). Thabiea?: Journal of Natural ScienceTeaching, 1(1), 20–29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3874
Panchu, P., Bahuleyan, B., Seethalakshmi, K., & Thomas, T. (2016). Metacognitive awareness- evaluation and implications in medical students. International Journal of Research in Medical Sciences, 4(8), 3570–3575. https://doi.org/10.18203/2320-6012.ijrms20162331
Prozesky, D. (2000). Teaching and learning. Community Eye Health, 13(34), 30–31.
Putri, R. S., & Kurniati, D. (2015). Analisis keterampilan metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis polya subpokok bahasan garis dan sudut kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–7. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63775/RIANDANI SARWINDAH PUTRI.pdf?sequence=1
Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran proble base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2017
Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Unnes.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sabriani, S. (2012). Penerapan pemberian tugas terstruktur disertai umpan balik pada pembelajaran langsung untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada materi pokok struktur atom kelas X6 SMA Negeri 3 Watampone). Jurnal Chemica, 13(2), 39–46. https://doi.org/10.26858/chemica.v13i2.625
Sayekti, I. C. (2015). Peran pembelajaran IPA di sekolah dalam membangun karakter anak. In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers (pp. 140–146). Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6010
Setiawan, D., & Susilo, H. (2015). Peningkatan keterampilan metakognitif mahasiswa program studi biologi melalui penerapan jurnal belajar dengan strategi jigsaw dipadu PBL berbasis lesson study pada mata kuliah biologi umum. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 359–369). Retrieved from http://biology.umm.ac.id/files/file/359-369 Deny Setiawan .pdf
Siberman, M. L. (2014). Active Learning. Bandung: Nuansa Cendekia.
Skinner, A., Blum, N., & Bourn, D. (2013). Development education and education in international development policy: Raising quality through critical pedagogy and global skills. International Development Policy, 4(3). https://doi.org/10.4000/poldev.1654
Sudarmin. (2015). Model Pembelajaran Inovatif Kreatif. Semarang: CV. Swadaya Manunggal.
Sudesti, R., Fransisca, S., & Mimin, N. K. (2014). Penerapan pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa SMP pada subkonsep difusi dan osmosis. Formica Education Online, 1(1), 1–11. Retrieved from http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/feo/article/view/90
Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pegaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–11. Retrieved from http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1105
Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Primary Educational, 1(1), 57–63. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/58
Triana, E. (2012). Penerapan jurnal belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Retrieved from http://repository.syekhnurjati.ac.id/443/1/ENDAH TRIANA_58461214__ok.pdf
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta.
Wahdah, N. F., Jufri, A. W., & Zulkifli, L. (2016). Jurnal belajar sebagai sarana pengembangan kemampuan metakognisi siswa. Jurnal Pijar MIPA, XI(1), 70–74. https://doi.org/10.14800/ics.95
Walker, C. L., & Shore, B. M. (2015). Understanding classroom roles in inquiry education: Linking role theory and social constructivism to the concept of role diversification. SAGE Open. https://doi.org/10.1177/2158244015607584
White, N. M. (2011). Reward: What is it and how can it be inferred from behavior? In J. A. Gottfried (Ed.), Neurobiology of Sensation and Reward (pp. 45–60). Boca Raton (FL): CRC Press/Taylor & Francis.
Widadah, S., Afifah, D. S. N., & Suroto. (2013). Profil metakognitif siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 13–24. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Dian_Septi_Nur_Afifah/publication/318967128_PROFIL_METAKOGNISI_SISWA_DALAM_MENYELESAIKAN_SOAL_SISTEM_PERSAMAAN_LINEAR_DUA_VARIABEL_BERDASARKAN_GAYA_KOGNITIF_METAKOGNISI%27S_PROFILE_STUDENT_IN_SOLVE_EQUATION_SYSTEM_PROB
Widiyawati, Y. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran IPA bagi peserta didik visual impairment di SLB. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 9–23. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/510
Zosh, J. M., Hopkins, E. J., Jensen, H., Liu, C., Neale, D., Pasek, K. H., … Whitebread, D. (2017). Learning through play: A review of the evidence. Billund, Denmark: The LEGO Foundation. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11789.84963

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.