Lesson study untuk mengembangkan kualitas pembelajaran IPA berbasis think pair share yang dipadukan dengan modul di SMP

  • Azizul Ghofar Candra Wicaksono Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang sama oleh beberapa guru di kelas yang berbeda memiliki kemungkinan untuk dihasilkannya kualitas pembelajaran yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari lesson study dalam pelaksanaan strategi think pair share (TPS) dan modul dengan melihat perolehan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kualitatif untuk melihat kapasitas lesson study dalam mengembangkan kualitas pembelajaran yang digabungkan dengan kerangka penelitian tindakan elas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran yang masing-masing diintegrasikan dengan tahap plan, do, dan see dari lesson study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar observasi lesson study, tes essay untuk mengukur hasil belajar kognitif dan rubrik keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lesson study dapat meningkatkan performa implementasi dari TPS dan lebih lanjut dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

References

Aditia, M.T. and Muspiroh, N., 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan Islam (SALINGTEMASIS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem Kelas X di SMA NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 127-148.

Alfaro-LeFevre,R. 2015. Critical Thinking, Clinical reasoning, and Clinical Judgement: A Practical Approach. Elsevier Health Scince.

Boleng, D. T. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think-Pair-Share terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Journal Pendidikan Sains. 2(2), 76-84. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jps.v2i2.4500

Cogan, J. and Derricott, R. 2014. Citizenship for the 21st Century: An International Perspective on Education. Routledge.

Copriady, J. 2013. The Implementation of Lesson Study Programme for developing Profesionalism in Teaching Profession. Asian Social Science. 9 (12). p.176.

Facione, P.A., 2011. Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, pp.1-23.

Fernandez, C. and Yoshida M. 2012. Lesson Study: A Japanese Approach to Improving Mathematics Teaching and learning. New York: Routledge.

Halimah, U. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Kepanjen Malang. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas negeri Malang.

Halpern, D.F. 2013. Thought and Knowledge: An Introduction to Critical Thinking. Hove: Psychology Press.

Hisyam. 2010. Implementasi Lesson Study terhadap Peningkatan ProfesionalismeGuru dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 3. Malang: FMIPA Universitas negeri malang.

Huber, C.R. and Kuncel, N.R. 2016. Does College teach Critical Thinking? A Meta-Analysis. Review of Educational Research. 86 (2). pp. 431-468. https://doi.org/10.3102/0034654315605917

Ibrohim. 2009. Pengaruh Model Implementasi Lesson Study dalam Kegiatan MGMP terhadap Peningkatan Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Ibrohim. 2010. Refleksi Perjalanan dan Capaian Hasil Pengembangan Lesson Study dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran MIPA di Indonesia. Disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 3. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Kaddoura, M. (2013). Think pair share: A teaching learning strategy to enhance students' critical thinking. Educational Research Quarterly, 36(4), 3-24.

Khotiyal, A., Majumdar, R., Murthy, S. and Lyer, S. 2013. The Effect of Think Pair Share in a Large CS1 Class: 83% Sustained Engagement. Proceeding of The Ninth Annual international ACM Conference on International
Computing Education Research. pp. 137-144. doi.10.1145/2493394.2493408.

Lee, H. Parsons, D., Kwon, G., Kim, J., Petrova, K., Jeong, E., and Ryu, H. 2016. Cooperation Begins: Encouraging critical Thinking Skills through Cooperative Reciprocity using a Mobile Learning Game. Computers &Education. 97, pp. 87-115. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.03.006.

Ma, C., and Schapira, M.2017. The Bell Curve: Intelligence and Class Structure in American Life. Florida: CRC Press

Maulana, I. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL dan TPS terhadap Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Berpikir kritis, Sikap Sosial, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi pada Siswa dari Etnis yang Berbeda di Kota Metro. Disertasi dan Tesis Program pascasarjana UM.

Ni’mah, A., dan Dwijayanti, P. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs Nahdatul Ulama Muslimin Kudus. UPEJ Unnes Physics Education Journal. 3 (2), 18-25. https://doi.org/10.15294/upej.v3i2.3593

Putra, R.S.P.S.P. 2017. Penerapan Metode Diskusi Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Mrningktkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Yayasan Atika Sunda Kota Bandung Kelas VIII B). International

Rahayu, P., Mulyani, S., dan Miswadi, S.S. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Lesson Study. Jurnal pendidikan IPA Indonesia. 1(1). doi. 10.15294/jpii.v1i1.2015

Ramdani, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri melalui Kegiatan Lesson Study dan pengaruh Implementasinya terhadap Hasil Belajar IPA Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda di SMP Negeri Kota Mataram. Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rusmaryanti, D. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VIIIA Mts Al Huda 2 Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan. 22(3), 285-308.

Setiawan, D., dan Susilo, H. 2015. Peningkatan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Biologi melalui Penerapan Jurnal Beajar dengan Strategi Jogsaw Dipadu PBL Berbasis Lesson Study pada Mata Kuliah Biologi Umum. Disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Biologi: Peran Biologi dan Pendidikn Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global, Pusat Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (vol. 21).

Simarmata, R. N., dan Djulia, E. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Prediksi-Observasi-Eksplanasi (POE) dengan Think-Pair-Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI SMA Negeri 2 Balige Tahun Ajaran 2013/2014. Digital library UNIMED.

Sugiani, K.A., Santyasa, I.W., Si, M., dan Warpala, I.W.S. 2014. Pengembangan Modul Biologi Bermuatan Perubahan Koneptual untuk Siswa Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 4(1).http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_tp/article/view/1161.

Surayya, L., Subagia,I.W., Tika I.N., dan Si,M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 4(1), 1-14. http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1105.

Susilo, H. 2013. Lesson Study sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Makalah Disajikan dalam Seminar dan Lokakarya PLEASE (pp.28-34).

Yasa, G.K., Sudarma,I.K., dan Tastra, I.D.K. 2017. Pengembangan Modul Berpendekatan Ilmiah pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 1 banjar Tegal. Jurnal EDUTECH UNDIKSHA. 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/11461.

Wicaksono, A.G.C. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching di Kabupaten Malang. Tesis, tidak dipublikasikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Published
2020-03-31
How to Cite
WICAKSONO, Azizul Ghofar Candra. Lesson study untuk mengembangkan kualitas pembelajaran IPA berbasis think pair share yang dipadukan dengan modul di SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-10, mar. 2020. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/857>. Date accessed: 29 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v4i`1.857.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.