Peningkatan aktivitas belajar IPA melalui real science mask menggunakan role playing model

  • Erna Noor Savitri Jurusan Pendidikan IPA Terpadu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Retnaningsih Retnaningsih SMP Negeri 10 Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indoenesia

Abstract

Pembelajaran IPA dapat dilakukan dengan meningkatkan peran peserta didik secara langsung (scientific activities). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran melalui real science mask  menggunakan role playing model materi reproduksi sel dan sistem reproduksi. Metode penelitian adalah penelitian tindakan dengan tiga siklus. Langkah-langkah setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX B di SMPN 10 Semarang tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 34 peserta didik. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase pencapaian aktivitas belajar sebesar 65%, pada siklus II sebesar 74%, serta pada siklus III diperoleh persentase sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan nilai aktivitas belajar peserta didik dari siklus I, II dan III. Adanya selisih nilai persentase untuk tiap siklusnya menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan telah berhasil dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.

References

Agustina, E., Saputro, A., & Mulyani, S. (2013). Penggunaan metode pembelajaran jigsaw berbantuan handout untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas Xc SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 66–71. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2775
Alfianto, A. B., Sulistiono, & Utami, B. (2013). Penerapan model bermain peran pada materi sistem pernapasan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Semen Kediri. In Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS (pp. 476–480). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6976/6204
Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Baroroh, K. (2011). Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(2), 8–16. https://doi.org/10.21831/jep.v8i2.793
Damayanti, D., Dahlan, J. A., & Herrhyanto, N. (2018). Penerapan metode accelerated learning dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Integral, 9(2), 15–24. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dewi, E. R., Purwanto, E., & Wibowo, M. E. (2016). Model bimbingan kelompok dengan teknik role play berbasis pendekatan BCCT untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa PAUD. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 93–99. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/14025
Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta, Grasindo.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendi, M. (2013). Integrasi pembelajaran active learning dan internet-based learning dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–308. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.563
Fitriani, N. R., Widiyatmoko, A., & Khusniati, M. (2016). The Effectiveness of CTL model guided inquiri-based in the topic of chemicals in daily life to improve students’ learning outcomes and activeness. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 278–283. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.6699
Fitriyah, C. Z., & Febyanto, H. (2015). Model bermain peran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 34–40. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.70
Fuad, M. (2014). Pengaruh model bermain peran dan TAI dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar tematik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 21–27. Retrieved from http://www.stkippgri-lmg.ac.id/e-journal/index.php/jojs/article/view/9
Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1974). Principles of instructional design. Holt, Rinehart & Winston.
Hasan Baharun. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01(01), 34–46. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/14
Hayati, N., & Berlianti, N. A. (2016). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa universitas hasyim asy’ari melalui pembelajaran discovery terbimbing. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 2(3), 206–214. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i3.3857
Hyndman, B., & Mahony, L. (2018). Developing creativity through outdoor physical activities: a qualitative exploration of contrasting school equipment provisions. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 18(3), 242–256. https://doi.org/10.1080/14729679.2018.1436078
Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sains di kelas. Erudio, 2(2), 13–20. Retrieved from https://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/151
Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika Ilmu, 13(3), 17–38. https://doi.org/10.21093/di.v13i1.20
Kristin, F. (2018). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356
Machin, A. (2012). Pengaruh permainan call cards terhadap hasil belajar dan aktivitas pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 163–167. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/viewFile/2134/2235
Maknun, D. (2014). Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan literasi sains dan kualitas argumentasi siswa pondok pesantren Daarul Uluum PUI Majalengka pada diskusi sosiosaintifik IPA. JURNAL TARBIYAH, 21(1), 119–148. https://doi.org/10.30829/tar.v21i1.221
Munirah, M. (2014). Upaya peningkatanmutu hasil belajar melalui media pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 80–88. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/viewFile/543/538
Nahadi, N., Firman, H., & Farina, J. (2015). Effect of feedback in formative assessment in the student learning activities on chemical course to the formation of habits of mind. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3499
Ningzaswati, D. R., Marhaeni, M. A. P. A. A. I. N., & Suastra, M. P. P. I. W. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik time token terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–12. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/124768-ID-none.pdf
Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan permainan ular tangga ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII materi gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11–18. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1769
Nurwahidah, I. (2018). Pengembangan soal penalaran model TIMSS untuk mengukur high order thinking (HOT). Thabiea?: Journal of Natural ScienceTeaching, 01(01), 20–29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3874
Pamelasari, S. D., & Khusniati, M. (2014). Keefektifan metode schoolyard inquiry terhadap peningkatan pemahaman science vocabulary. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 177–182. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/download/3118/3135
Rusmawan, I. P. H. G., Candiasa, I. M., & Parwati, N. N. (2017). Instrumen penilaian aktivitas belajar matematika siswa SD berorientasi pendidikan karakter. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 11(2), 125–139. https://doi.org/10.23887/wms.v11i2.12587
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153–166. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501
Sesmiarni, Z. (2014). Kecerdasan jamak dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 180–189. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i2.1315
Siregar, M. D., & Huda, N. (2010). Pengaruh pembelajaran quantum dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa kelas IV SDN 3 Pancor. Jurnal Educatio, 5(1), 58–68. https://doi.org/10.29408/edc.v5i1.116
Situmorang, R. P. (2017). Integrasi literasi sains peserta didik dalam pembelajaran sains. Satya Widya, 32(1), 49–56. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p49-56
Wahyudin, Sutikono, & Isa, A. (2010). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 58–62. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1105
Widiyawati, Y., & Nurwahidah, I. (2018). Elclivs berbasis inquiry untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa tuna netra pada materi rangkaian listrik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 212–223. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21527
Widodo, & Widayanti, L. (2013). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Wijayanti, E. (2013). Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model STAD dengan media crossword puzzle pada siswa kelas IV SD Islam Al Madina. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from lib.unnes.ac.id/17523/1/1401409040.pdf
Yahya, N. (2014). Model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media kultur jaringan untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa kelas XII Ipa2 SMA Negeri 1 Bangsri. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 154–159. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/download/3115/3132
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Published
2019-11-18
How to Cite
SAVITRI, Erna Noor; RETNANINGSIH, Retnaningsih. Peningkatan aktivitas belajar IPA melalui real science mask menggunakan role playing model. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 149-164, nov. 2019. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/958>. Date accessed: 26 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v3i2.958.
Section
Article