PENINGKATAN KOMPETENSI KELISTRIKAN BODI MOBIL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA

  • Eriq Supriyanto Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Aunu Rofiq Djaelani Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Toni Setiawan Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kompetensi, mengkaji peningkatan keaktifan siswa, mengkaji keaktifan kinerja guru. Model  pembelajaran yang digunakan adalah Model Problem Based Learning dengan video animasi dan Stand Kelistrikan bodi yang dilakukan  2 siklus terdiri dari tahap : perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis yang diperoleh : (a) Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I dari 30 siswa, siswa tuntas 16 siswa, belum tuntas  14 siswa nilai rata-rata ketuntasan klasikal 74,56. Pada siklus II siswa tuntas 28 siswa, belum tuntas 2 siswa nilai rata-rata 78,78. Siswa dinyatakan tuntas apabila nilai mencapai KKB yaitu 75. Pada siklus I ketuntasan klasikal 53,3% dan pada siklus II ketuntasan klasikal 93,3%. pada. (b) Prosentase keaktifan siswa pada siklus I dan II dari 30 siswa, siswa aktif pada siklus 1 54,17% dan siswa kurang aktif 45,83% meningkat pada siklus II, siswa aktif 74,75% dan siswa kurang aktif 25,25%. (c) Pelaksanaan proses pembelajaran melalui model problem based learning dengan video animasi dan stand kelistrikan bodi meningkatkan kinerja guru dalam menyampaikan kompetensi sitem kelistrikan bodi mobil. Skor penilaian kinerja guru pada siklus I sebanyak 30 dan memperoleh nilai rata-rata 69 predikat cukup baik kriteria skor 61-75, pada siklus II skor penilaian sebanyak 33 dan nilai rata-rata 76,5 predikat  baik kriteria skor 76-90.


 


Kata Kunci : peningkatan kompetensi, problem based learning, video animasi dan stand kelistrikan bodi

References

M. Amien. 1979. Model Pembelajaran Berbasis Masalah.

Daryanto. (2009: 193). Penilaian Kinerja Profesi Guru Menurut Permenegpan
Published
2020-02-13
How to Cite
SUPRIYANTO, Eriq; DJAELANI, Aunu Rofiq; SETIAWAN, Toni. PENINGKATAN KOMPETENSI KELISTRIKAN BODI MOBIL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 7-9, feb. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1085>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.