UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PRAKTEK MATA PELAJARAN OVERHAUL KEPALA SILINDER

  • Dendy Priambodo Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Fuad Abdillah Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Sena Mahendra Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi hasil belajar siswa mata pelajaran overhaul kepala silinder dengan penggunaan metode praktek bagi siswa kelas XI TSM.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan tindakan Model Kurt Lewis dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM dengan jumlah 32 anak yang terdiri dari 30 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes praktek dan observasi. Instrument penelitian menggunakan jobsheet dan lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum diterapkannya metode praktek pada pembelajaran Overhaul Kepala Silinder, diperoleh sebanyak 24 siswa atau 75% tidak tuntas dan hanya 8 siswa atau 25% yang tuntas dari KKM. Namun setelah pembelajaran dengan menggunakan metode praktek pada siklus 1 dan siklus 2 diperoleh data bahwa hasil belajar meningkat. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar setelah ada tindakan pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil dari siklus 1 pertemuan 1 diperoleh sebanyak 20 siswa atau 62,5% tuntas dan 12 siswa atau 37,5% tidak tuntas, siklus 1 pertemuan 2 diperoleh sebanyak 24 atau 75% siswa tuntas dan 8 siswa atau 25% tidak tuntas. Selanjutnya pada hasil tes siklus 2 pertemuan 1 menunjukkan bahwa 28 siswa atau 87,5% tuntas dan 4 siswa atau 12,5% tidak tuntas, pada siklus 2 pertemuan 2 diperoleh data bahwa 2 siswa atau 6,5% tidak tuntas dan 30 siswa atau 93,5% tuntas. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 62,5% dari pra siklus dan 25% dari siklus 1.


 


Kata kunci: kompetensi siswa, pembelajaran praktek, overhaul kepala silinder.

References

Bahri dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Oemar Hamalik. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Bahri Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edikatif. Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta
Published
2020-02-13
How to Cite
PRIAMBODO, Dendy; ABDILLAH, Fuad; MAHENDRA, Sena. UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PRAKTEK MATA PELAJARAN OVERHAUL KEPALA SILINDER. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 31-35, feb. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1090>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.