PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

  • Viki Adhitya R Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Joko Suwignyo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fahmy Fatra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Latar belakang masalah. Mutu belajar yang baik dapat mendorong terciptanya anak didik yang memiliki potensi kreatif, kompetitif dan mandiri. Salah satu ciri dari mutu belajar yang baik adalah terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas baik dimulai dari perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi kegiatan belajar. Peningkatan kualitas pendidikan akan tercapai apabila proses belajar mengajar yang diselenggarakan di kelas benar-benar efektif dan berguna untuk mencapai kemampuan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diharapkan. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Seberapa besarkah peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif snowball throwing pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin 2. Seberapa besarkah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif snowball throwing pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa mata diklat Pemeliharaan Mesin kompetensi memahami dan merawat prinsip kerja transmisi otomatis melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif snowball throwing kelas XI TBSM Teknis Bisnis Sepeda Motor di SMK Bhakti Praja , Jepara.


Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bersifat parsipatori yaitu penelitian ikut berpartisipasi membantu guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan lebih lancar dan kolaboratif. Peneliti,


Hasil dari penelitian ini adalah Penerapan model Kooperatif snowbal throwing dengan media Animasi dan Alat Peraga efektif meningkatkan kompetensi Pemeliharaan Atau Memahami prinsip kerja transmisi otomatis pada kelas XI TBSM SMK Bhakti  Praja Jepara, ini terbukti dari pada Kondisi awal pada teori tingkat ketuntasan secara klasikal sangat rendah, yaitu 52%. Kondisi tersebut meningkat pada pembelajaran teori pada siklus I, dengan ketuntasan klasikal sebesar 73%, namun ketuntasan pada siklus I ini belum sesuai harapan karena ketuntasan secara klasikal lebih rendah dari 80%. Kemudian pada pembelajaran teori pada siklus II ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yang sesuai yaitu sebesar 91% lebih tinggi dari standar yang ditetapkan yaitu 80% . Pada pembelajaran praktik siklus I sebesar 77% dan pada praktik siklus II meningkat menjadi 91% lebih besar dari kentutasan klasikal yang telah ditetapkan adalah 80%. sehingga hipotesis yang menyatakan ‘’Penerapan model pembelajaran Kooperatif snowbal throwing dengan media Animasi dan Alat Peraga dapat meningkatkan hasil belajar pada konpetensi dasar Pemeliharan dan perbaikan memahami prinsip kerja transmisi otomatis  pada kelas XI TBSM  SMK Bhakti  Praja Jepara dapat terbukti


 


Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran kooperatif snowball throwin

References

Arikunto, Suharsimi dkk, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar, 2003, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Agung Cipto Pratomo. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran pemeliharaan mesin SMK Bhakti Praja Jepara Tahun ajaran 2020/2021

Asep Jihad. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Dwi Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

M. Ngalim Purwanto. (2002). Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Rachmad Widodo. Model Pembelajaran Snowball Throwing. Availbleat: (//wyw1d.wordpress.com /2009/11/09/model-pembelajaran-18-snowball-throwing/)

Saifuddin Azwar. (1997). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Published
2021-04-28
How to Cite
R, Viki Adhitya; SUWIGNYO, Joko; FATRA, Fahmy. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30 - 36, apr. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1647>. Date accessed: 26 oct. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.