ANALISIS PENGARUH VARIASI PENYETELAN CELAH KATUP TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN KOMPRESI DAN EMISI GAS BUANG MESIN ISUZU PANTHER TIPE HI-GRADE

  • Ulil Absor Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Toni Setiawan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Bayu Ariwibowo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Ulil Absor. Analisis Pengaruh Variasi Penyetelan Celah Katup Terhadap Perubahan Tekanan Kompresi dan Emisi Gas Buang Mesin Isuzu Panther Tipe Hi-Grade. Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas IVET Semarang. Juli 2020.


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh  besar kecilnya tekanan kompresi terhadap penyetelan katup dan emisi gas buang pada Isuzu Panther Tipe Hi-Gade


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 3x3. Pengujian ini dilakukan di bengkel kejuruan TBSM SMK Islam Alhikmah 2 Welahan dengan menggunakan mesin isuzu panther tipe Hi-Grade. Penyetelan pada celah katub in dan ex sebesar 0,20 mm; 0,30 mm; 0,40 mm; 0,50 mm; dan 0,60 mm.


Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tekanan kompresi pada variasi penyetelan celah katup masuk. Penyetelan celah katup masuk yang semakin rapat pada setiap putaran mesin, tekanan kompresi yang dihasilkan cenderung meningkat begitu juga dengan opacyty atau emisi gas buangnyanya cenderung mengecil. Demikian juga halnya dengan putaran mesin yang semakin tinggi pada setiap celah katup masuk, tekanan kompresi yang dihasilkan juga cenderung meningkat.


 


Kata Kunci : Katub, Penyetelan, Kompresi, Emisi Gas Buang


 

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. : PT. Rineka Cipta.

Arismunandar, W. 1983. Motor Diesel Putaran Tinggi. Jakarta : Pradya Paramita.

Arismunandar, W. 1977. Motor Bakar Torak. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Holman, J.P. 1985. Metode Pengukuran Teknik Edisi ke – 4. Jakarta : Erlangga

Maleev, V. L. 1991. Operasi dan Pemeliharaan Mesin Diesel. Jakarta

Erlangga. Maleev, V. L. 1993. Internal Combustion Engine Second Edition. New York McGraw – Hill Book Company, Inc.

Sharma, R.P & Mathur, M.L. 1980. Internal Combustion Engine. New Delhi. Hanpar Rai & Sons.

Teiseran, E. 1999. Teknik Motor. Yogyakarta. Liberty

Universitas IVET Semarang. Panduan Skripsi Universitas IVET. Semarang. Universitas IVET Semarang.
Published
2021-04-28
How to Cite
ABSOR, Ulil; SETIAWAN, Toni; ARIWIBOWO, Bayu. ANALISIS PENGARUH VARIASI PENYETELAN CELAH KATUP TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN KOMPRESI DAN EMISI GAS BUANG MESIN ISUZU PANTHER TIPE HI-GRADE. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 109 - 114, apr. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1659>. Date accessed: 26 oct. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.