EFEKTIFITAS MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN GOOGLE CLASROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI MASA PENDEMI COVID-19 (PENELITIAN PADA SISWA KELAS XII TMPO 1 SMK NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2020/2021 MATERI PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN

  • Enjang Suryana SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya

Abstract

Salah satu dampak pandemic covid-19 yang nyata dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran dilakukan secara daring. Oleh karena itu perlu adanya penelitian mengenai media yang tepat dalam pembelajaran daring saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media audio visual dan google classroom pada siswa dalam memahami materi Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII TMPO 1 SMKN 2 Tasikmalaya. Tahapan penelitian didasarkan pada siklus yang dikembangkan oleh Kemmis, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari tes, lembar observasi dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa persentase pemahaman siswa meningkat yaitu dengan persentase 30% pada pra siklus, siklus 1 64%, siklus 2 mencapai 92%. Kemudian respon siswa juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Diskusi siswa berkriteria baik pada siklus 2.


 


Kata kunci: media audio visual, Google classroom, pemahaman siswa

References

Abdul Gani, H., & Zulhaji, Z. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Media Audio Visual pada Mata Kuliah Teknik Sepeda Motor. Jurnal Mekom" Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan", 2(1), 88–101.

Arikunto, S. (20028). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Burhan Elfanany, Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta: Araska, 2013), hal. 10

Latief, M.A. (2010). Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: UM press

Mas'udi, W. & Winanti, P. S., (2020). Tata Kelola Penanganan Covid 19 di Indonesia. In: s.l.:Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada

Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Referensi GP Press Group.

Nugroho, D. S. (2013). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sistem Pendingin Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Mondokan Sragen TP 2011/2012. Jurnal Nosel, 1(3).

Sadiman, A. dkk. (2012). Media Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Salman, M. et al., (2020). Knowledge, attitude and preventive practice related to COVID-19: a croos-sectional study in two Pakistan University Population. Nature Public Health Emergency Collection

Smaldino,et.al. (2011). Instructional Technology and Media for Learning. Colombus: Upper Saddle River

Sumiati, (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Taufikurachman, I. E., Kusumah, I. H., & Permana, T. (2018). Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 57–63.

Widiyani, R. (2020). Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga Isu Terkini. Retrieved from detik News: https://news.detik.com/berita/d4943950/ latar-belakangviruscoronaperkembangan-hingga-isuterkini Nuha Medika
Published
2021-09-01
How to Cite
SURYANA, Enjang. EFEKTIFITAS MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN GOOGLE CLASROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI MASA PENDEMI COVID-19 (PENELITIAN PADA SISWA KELAS XII TMPO 1 SMK NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2020/2021 MATERI PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 146 - 155, sep. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1823>. Date accessed: 26 oct. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.