Pemberdayaan UKM Tambak Jaya Melalui Pengembangan Pakan Mandiri Berbahan Lokal yang Diperkaya dengan Asam Amino Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Pemasarannya Berbasis E-Commerce

  • Kusnadi Kusnadi Politeknik Harapan Bersama
  • Sari Prabandari Politeknik Harapan Bersama
  • Amin Nur Kahmadi Politeknik Harapan Bersama
  • Jatmiko Indriyanto Politeknik Harapan Bersama

Abstract

Tujuan  yang  ingin  dicapai dalam Program Pemberdayaan Masyarakat ini adalah terwujudnya pengembangan produk pakan ikan alami sebagai produk unggulan daerah yang dihasilkan oleh UKM dalam meningkatkan kualitas, kuantitas dan pemasaran sehingga memiliki produktivitas tinggi dan daya saing pasar yang lebih luas.  Metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan pengelolaan manajemen usaha, manajemen poduksi, manajemen keuangan serta pemasaran dengan menggunakan sistem informasi. Kegiatan usaha tersebut  dilakukan untuk meningkatan kemampuan mengelola usaha yang efisien dan aman dengan mengoptimalkan penggunaan sumberdaya lokal dengan memaksimalkan potensi internal UKM dan potensi daerah seperti penggunaan tepung ikan lokal untuk produksi pakan ikan alami kaya asam amino dengan menggunakan ekstrak cacing tanah, produksi dan budidaya pakan benih ikan biomasa artemia serta proses penyediaan sarana produksi, dan pemasaran secara online dengan website E-Commers. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan sarana produksi, proses produksi dan pemasaran UKM Tambak Jaya Kelurahan Muarareja Kota Tegal. Presentase menunjukan bahwa sebesar 100 % dapat memahami materi-meteri dan dapat mempraktekan cara pembuatan  pakan ikan alami. Sebanyak 80 % termotivasi untuk menerapkan dan mengembangkan pakan ikan pada budidaya ikan kaya asam amino ektrak cacing tanah, dan sebanyak 75% peserta termotivasi untuk memasarkan.


Kata Kunci: pakan mandiri, E-Commerce , UKM tambak jaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian PPN/BAPPENAS Tahun 2019 Tentang kebutuhan pakan ikan nasional.

Triarso, Imam. 2013. Potensi Dan Peluang Pengembangan Usaha Perikanan Tangkap Di Pantura Jawa Tengah. Jurnal Saintek Perikanan. Vol.8.No. 1, 2012.

Wibowo, T.S., Purwanto, Bambang Y. 2013. Pengelolaan Lingkungan Industri Pengolahan Limbah Fillet Ikan. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 2013.

Aslamah & Karim. 2017. Potensi tepung cacing tanah Lumbricus sp. sebagai pengganti tepung ikan dalam pakan terhadap kinerja pertumbuhan, komposisi tubuh, kadar Hati dan Otot pada Bandeng. Jurnal Iktiologi Indonesia, 13(1):67-76.
Published
2021-01-27
How to Cite
KUSNADI, Kusnadi et al. Pemberdayaan UKM Tambak Jaya Melalui Pengembangan Pakan Mandiri Berbahan Lokal yang Diperkaya dengan Asam Amino Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Pemasarannya Berbasis E-Commerce. Manggali, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 89-100, jan. 2021. ISSN 2715-5757. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/1435>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1435.
Section
Articles