PKM Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produksi Kacang Asin Melalui Pemanfaatan Teknologi Otomasi Penggorengan Pasir Elektrik di Desa Purwogondo Jepara

  • Anief Rufiyanto Universitas Pandanaran
  • Eny Apriyanti Universitas Pandanaran
  • Sri Subekti Universitas Pandanaran

Abstract

Usaha kacang asin di Desa Purwogondo Kalinyamatan Jepara telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, tetapi peningkatan produksinya masih terbatas karena tidak mampu menaikkan jumlah produksinya secara signifikan, hal ini disebabkan proses produksi masih bersifat tradisional mulai dari pemilahan bahan baku kacang, pencampuran bumbu, pengeringan dan penggorengan semua proses olahan kacang asin  pembuatannya dilakukan menggunakan tenaga manusia. Program Kemitraan Masyarakat yang bermitra dengan Kelompok  Usaha industri kacang asin di Desa Purwogondo Kecamatan kalinyamatan Jepara telah berhasil membantu menciptakan kemandirian ekonomi, hasil dari program ini adalah meningkatnya kapasitas dan kuantitas produksi kacang asin pada kelompok mitra. Implementasi alat berbasis teknologi elektrik dan automasi dengan penggorengan dan alat pengering kacang mampu meningkatkan kapasitas produksi kacang asin dari 7 kg menjadi 25 kg dalam waktu produksi 7 jam pengerjaan.


Kata kunci: automasi, elektrik, kacang asin, kuantitas, kualitas


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-27
How to Cite
RUFIYANTO, Anief; APRIYANTI, Eny; SUBEKTI, Sri. PKM Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produksi Kacang Asin Melalui Pemanfaatan Teknologi Otomasi Penggorengan Pasir Elektrik di Desa Purwogondo Jepara. Manggali, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 58-65, jan. 2021. ISSN 2715-5757. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/1548>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1548.
Section
Articles