Pengembangan Bahan Ajar Stuktur Aljabar dengan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi dan Menulis Bukti Matematika

  • Ratih Kusumawati Universitas Ivet
  • Prihadi Kurniawan UIN Walisongo Semarang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar dengan penemuan terbimbing yang sarat dengan konstruksi pemahaman aljabar abstrak dengan pertanyaan-pertanyaan penggiring dan strategi bantuan sebelum diberikannya definsi atau dibuktikannya teorema. Pada tahap analisis peneliti mengidentifikasi dan merumuskan masalah. Pada tahap desain, peneliti membuat rancangan bahan ajar struktur aljabar dengan penemuan terbimbing dengan memperhatikan kemampuan abstraksi dan menulis pembuktian mahasiswa berdasarkan hasil analisis di fase sebelumnya. Pada tahap pengembangan, peneliti merealisasikan desain yang telah dibuat pada fase pengembangan kemudian divalidasi. Selanjutnya tahap implementasi dilakukan secara terbatas pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah struktur aljabar. Bahan ajar yang telah divalidasi, direvisi, dan dinyatakan layak untuk diimplementasikan kemudian digunakan sebagai sumber perkuliahan dalam tahap implementasi. Pada fase ini, peneliti mengobservasi penggunaan bahan ajar dan mahasiswa melaksanakan evaluasi sesuai dengan masalah-masalah yang telah ditentukan dalam bahan ajar. Peneliti mengambil data tentang respon dosen dan mahasiswa tentang bahan ajar dan kemampuan abstraksi serta menulis bukti mahasiswa. Terakhir, pada tahap evaluasi, peneliti menganalisis hasil observasi di tahap sebelumnya. Analisis yang dilakukan meliputi analisis kepraktisan bahan ajar serta keefektifan bahan ajar terhadap kemampuan berpikir abstrak dan menulis bukti mahasiswa. Kemudian peneliti melakukan peninjauan kembali untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian penggembangan ini adalah bahan ajar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam hal meningkatkan kemampuan berpikir abstak dan menulis bukti mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Suryana, “Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1,” Yogyak. UNY, 2012.E. Dubinsky, J. Dautermann, U. Leron, dan R. Zazkis, “On learning fundamental concepts of group theory,” Educ. Stud. Math., vol. 27, no. 3, hlm. 267–305, 1994.
D. Tall, “The psychology of advanced mathematical thinking,” dalam Advanced mathematical thinking, Springer, 2002, hlm. 3–21.
E. M. Panggabean, “Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi React Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I Di FKIP UMSU,” EduTech J. Ilmu Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 01, 2015.
E. T. Ruseffendi, “Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA,” Bdg. Tarsito, hlm. 336–337, 2006.
Hobri, 2010. Metode Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila
I. M. Arnawa, “Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS,” J. Mat. Dan Sains, vol. 14, no. 2, hlm. 62–68, 2010.
Isnarto, Buku Ajar Pengantar Struktur Aljabar 1. Semarang: FMIPA UNNES, 2008.
Isnarto, W. Wahyudin, D. Suryadi, dan J. A. Dahlan, “Students’ proof ability: Exploratory studies of abstract algebra course,” Int. J. Educ. Res., vol. 2, no. 6, hlm. 215–228, 2014.
J. Jamilah dan S. Fadillah, “Penggunaan Bahan Ajar Struktur Aljabar untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak,” J. Pendidik. Mat. Dan IPA, vol. 8, no. 2, hlm. 60–69, 2017.
K. Yuliani dan S. Saragih, “The Development of Learning Devices Based Guided Discovery Model to Improve Understanding Concept and Critical Thinking Mathematically Ability of Students at Islamic Junior High School of Medan.,” J. Educ. Pract., vol. 6, no. 24, hlm. 116–128, 2015.
L. Alfieri, P. J. Brooks, N. J. Aldrich, dan H. R. Tenenbaum, “Does discovery-based instruction enhance learning?,” J. Educ. Psychol., vol. 103, no. 1, hlm. 1, 2011.
S. Cyr, “Development of beginning skills in proving and proof writing by elementary school students,” dalam Proceedings of the Seventh Congress of the European Society for Research in Mathematics Education, 2011.
S. Fadillah dan J. Jamilah, “Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 35, no. 1, 2016.

U. Sumarmo, “Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. MIPA UPI, 2006.
Y. Ramdani, “Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral,” J. Penelit. Pendidik., vol. 13, no. 1, hlm. 44–52, 2012.
T. Andari dan R. Lusiana, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tugas Terstruktur Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I,” J. Edukasi Mat. Dan Sains, vol. 2, no. 1, hlm. 66–72, 2016.
Published
2020-02-05
How to Cite
KUSUMAWATI, Ratih; KURNIAWAN, Prihadi. Pengembangan Bahan Ajar Stuktur Aljabar dengan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi dan Menulis Bukti Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 197-204, feb. 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/1010>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1010.

Most read articles by the same author(s)