Pengembangan Student Worksheet Berbahasa Inggris dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit

  • Siska Candra Ningsih Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan students worksheet berbahasa Inggris dengan pendekatan Problem Based Learning yang layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Matematika Diskrit. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4-D Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran) yang telah dimodifikasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket penilaian oleh ahli materi dan bahasa untuk menentukan kevalidan, angket kepraktisan, dan tes untuk menentukan keefektifan.


Student worksheet yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif. Student worksheet ini dapat melatih mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dengan menggunakan konsep teori graf. Di samping itu, dengan menggunakan student worksheet, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan bahasa Inggris.


Kata kunci: student worksheet, aplikasi graf, matematika diskrit.


 


ABSTRACT


This research aims to produce an student worksheet using English with Problem based Learning approach. The quality of student worksheet generated based on aspects of validity, practicality and effectiveness. This research is developmental research with develops discrete mathematics student worksheet using the development model adapted from Thiagarajan and Semmel (Define, Design, Develop and Disseminate). The instruments used include a learning device assessment sheet to measure validity, practicality questionnaires to measure practicality, and concept comprehension tests to measure effectiveness. The result of this study indicate that the student worksheet develop is valid, practical, and effective. The student worksheet give excercise for student to solve the problems using graph application. Students can increase their abilities in English using this student worksheet.


Keywords: student worksheet, graph application, Discret Mathematics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Astra, I. M., Nasbey, H., & Muharrahmah, N. D. (2015). Development of Student Worksheet By Using Discovering Learning Approach For Senior High School Student. Tarbiya. Journal Of Education in Muslim Society, 2(1). 2356-1416. 2442-9848. http://dx.doi.org/10.15408/tjems.v2i1.1749

Diba, P. F., Wardani, S. & Sudarmin. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 2252-6412, 2502-4523. https://doi.org/10.15294/jise.v6i1.17039

Ebtasari, D., & Ismayati, E. (2016). Pengembangan Student Worksheet Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/16712

Eko Putro, W. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 468–474. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6174

Nasrullah, A., Marlina, M., & Tabrani, M. B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran College Student Worksheet Berbasis E-Learning Melalui EDMODO. Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan. 978-602-73672-1-0. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index. php/senasset/article/view/455/499

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A Sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicaped.

Trisnaningsih, W. (2015). Pengembangan Bahan Ajar “Worksheets” untuk Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK (masters). Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/10776/10/Menyetujui.pdf.
Published
2019-01-02
How to Cite
NINGSIH, Siska Candra. Pengembangan Student Worksheet Berbahasa Inggris dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 65-74, jan. 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/701>. Date accessed: 16 jan. 2019. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.701.