Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada Materi Sudut untuk Siswa Kelas XII MIPA

  • Muh Ikhwan SMA Negeri 3 Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil Ujian Nasional mata pelajaran Matematika di SMA Negeri 3 Semarang tahun 2018. Terdapat 22,72% siswa yang menjawab salah dalam menentukan sudut pada ruang dimensi tiga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas, keaktifan, keterampilan proses, dan meminimalkan kesalahan siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII. Variabel penelitian meliputi keaktifan, kreativitas, keterampilan proses, dan prestasi hasil belajar. Penelitian ini memberikan hasil bahwa dengan model pembelajaran Cooperative Learning yang memanfaatkan media animasi powerpoint mampu meminimalkan kesalahan siswa yang semula 26,3% hingga tinggal 5%. Model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan kreatifitas siswa sebesar 24,5%, keaktifan siswa 38,4%, keterampilan proses 26,8%, dan prestasi hasil belajar 22,3%. Dengan demikian model pembelajaran Cooperative Learning dapat digunakan sebagai referensi para guru maupun pengembang kurikulum matematika dalam pemilihan model pembelajaran matematika materi geometri maupun pengembangan penyusunan silabus pembelajaran.


Kata kunci: kreatifitas, Cooperative Learning, animasi.


 


ABSTRACT


This research is motivated by the results of the National Examination of Mathematics in SMAN 3 Semarang in 2018. There were 22.72% students who answered incorrectly in determining angles in the three-dimensional space. This study aims to increase creativity, activity, process skills, and to minimize student errors. The research subjects were 12th grade students. Research variables are activity, creativity, process skills, and learning outcomes. The result is Cooperative Learning model by using power point animation media is able to minimize student errors from 26.3% to 5%. This method is also able to increase student creativity up to 24.5% more creative than before, the activity of students 38.4%, process skills 26.8%, and learning outcomes 22.3%. Thus the Cooperative Learning model can be used as a reference for teachers and mathematical curriculum developers to select mathematics’ learning models for geometry material and to develop learning syllabus.


Keywords: creativity, cooperative learning, animation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvin, T. A. (2015). Pengaruh Buku Elektronik dengan Kreativitas dan Keaktifan siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video dan Teknik Komputer Jaringan dalam Belajar di SMK N 2 Depok Sleman (other). UNY. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/22617/

Anwar, A., & Ugi, L. E. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square pada materi ruang dimensi tiga untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 3(1), 1–12.

Asih, H. P. S., Yuniarti, I. D., & Widodo, S. A. (2018). Penerapan Sistem Among dengan Small Group Work untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0). Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2397

Atiyah, N., Usodo, B., & Kurniawati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VII G SMP Negeri 1 Ngawen Klaten Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2(4), 307–314. https://doi.org/10.20961/jpmm solusi.v2i4.22758

Firmantara, B., Armis ’, & Siregar, S. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII-3 SMP Negeri 11 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–13.

Marfuah, S., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic for Application Materi Jarak pada Bangun Ruang Kelas X. Jurnal Gantang, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.5

Mustofa, A. A., & Tuharto, D. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Time Tokens ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematika dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika - S1, 7(2), 48–57.

Puspendik Balitbang Depdiknas RI. (2018). Persentase Penguasaan Materi Soal Matematika Ujian Nasinal SMA / MA Tahun Pelajaran 2017/2018. Jakarta: Depdiknas RI Pusat.

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa melalui Penerapan Model Project Based Learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166–183. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.104

Setiawan, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Luas Bangun Gabungan pada Siswa kelas VI SDN 1 Bruno. PROSIDING SENDIKA, 4(1). Retrieved from http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/336

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588

Tim Penilaian SMA Negeri 3 Semarang. (2018). Daftar Nilai Semester Ganjil SMA Negeri 3 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Wahyudin, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA Islam Al-Azhar 8 Summarecon. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 61–69. https://doi.org/10.21009/JPS.062.07
Published
2019-01-04
How to Cite
IKHWAN, Muh. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada Materi Sudut untuk Siswa Kelas XII MIPA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 125-135, jan. 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/705>. Date accessed: 16 jan. 2019. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.705.