Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika

  • Irma Purnamasari IKIP Siliwangi
  • Wahyu Setiawan IKIP Siliwangi

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa agar mampu secara matematis memecahkan masalah sering dijumpai di kehidupan nyata. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis meliputi mampu memahami masalah, merencanakan strategi pemecahan masalah, melakukan strategi atau prosedur pemecahan masalah, dan memeriksa kebenaran jawaban atau hasil yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP ditinjau dari Kemampuan Awal Matematik (KAM). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deksriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII F SMP Angkasa Lanud Sulaiman yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengelompokkan siswa berdasarkan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) sebagai kemampuan awal siswa. Siswa dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok KAM atas, kelompok KAM menengah dan kelompok KAM bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan mengerjakan soal nomor 5 dan baik siswa kelompok KAM atas, KAM menengah maupun KAM bawah, siswa kurang menguasai indikator ke-4 yaitu memeriksa kebenaran jawaban.


Kata kunci: kemampuan awal matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis.


 


ABSTRACT


Mathematical problem solving ability is one of the abilities that must be mastered by students in order to be able to mathematically solve problems often found in real life. Indicators of mathematical problem solving capabilities include being able to understand problems, plan problem solving strategies, perform strategies or procedures for problem solving, and check the truth of answers or results obtained. This study aims to determine the mathematical problem solving abilities of junior high school students in terms of Early Mathematical Ability (KAM). The method used in this study is descriptive. The research subjects were class VIII F Space Junior High School Sulaiman Air Base which numbered 30 people. The instrument used in the study was a test of the questions about the mathematical problem solving abilities of 5 questions. Analysis of the data used in this study is to classify students based on the results of the Middle Semester Assessment (PTS) as students' initial abilities. Students are divided into three groups, namely the upper KAM group, the middle KAM group and the lower KAM group. The results showed that students had difficulty working on the number 5 questions and both the upper KAM group students, the middle KAM and the lower KAM students, students did not master the 4th indicator, namely checking the correctness of the answers.


Keywords: initial mathematical abilities, mathematical problem solving abilities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harahap, E. R. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 07(April), 44–54.

Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 52. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.424

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. In PT Refika Aditama. Bandung.

Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893

Khadijah, I. N. A., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095–1104.

Novitasari, D. (2015). Penerapan Pendekatan Creative Problem Solving (CPS) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemamouan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 43–56.

Rianto, V. M., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Untan, 6(7).

Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTS Kelas VII dalam Pembelajaran Matematik Materi Aljabar Berdasarkan Gender. Journal On Education, 01(02), 458–464.

Rosid, M. A., & Listyani, E. (2014). Kemampuan Awal Pemecahan Masalah SPLDV Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1–13.

Ruseffendi, E. . (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA Main Author. Bandung: Tarsito.

Setiawan, W., & Andika Sari, V. T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Diferensial Berbasis Konflik Kognitif. Jurnal Elemen, 4(2), 204. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.511

Sulistyorini, S., & Setyaningsih, N. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Siswa SMP.

Tomo, Yusmin, E., & Riyanti, S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Datar di SMP. 5(5)(1), 1–11.

Winarti, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(6), 1–9.

Zuyyina, H., Wijaya, T. T., & Senjawati, E. (2018). Materi Lingkaran. 4(2), 79–90.
Published
2019-07-23
How to Cite
PURNAMASARI, Irma; SETIAWAN, Wahyu. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 207-215, july 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/771>. Date accessed: 26 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771.