Pengaruh Kualitas Layanan dan Budaya Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Universitas IVET

  • slamet slamet IKIP Veteran Semarang

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis secara empiris pengaruh: 1) kualitas layanan  terhadap kepuasan kerja; 2)  budaya kerja  terhadap kepuasan kerja; 3)  kualitas layanan  terhadap kinerja; 4) budaya kerja terhadap kinerja; 5) kepuasan kerja terhadap kinerja; 6) kualitas layanan terhadap    kepuasan kerja  dampaknya  pada kinerja; dan 7) budaya kerja terhadap    kepuasan kerja  serta dampaknya  pada kinerja tenaga administrasi.


Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain  pada tipe eksplanatori, yaitu suatu penelitian yang berusaha menjelaskan hubungan kausal/sebab-akibat antara variabel yang digunakan melalui pengujian hipotesis. Subjek penelitian sebanyal 72 orang dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan angket. Alat pengumpul data utama adalah angket, sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data di lapangan telah dilakukan uji instrumen melalui uji validitas dan reliabilitas,  hasilnya  instrumen yang digunakan telah valid dan reliabel.  Adapun teknik analisis data dari penelitian yang bersifat  asosiatif ini digunakan teknik analisis jalur (path analysis).


Hasil penelitian menunjukkan: 1) kualitas layanan administrasi  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja; 2)  budaya kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja;  3)  kualitas layanan administrasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja;  4) budaya kerja  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja; 5) kepuasan kerja   memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap  kinerja;  6) kualitas layanan administrasi  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja yang tidak dimediasi kepuasan kerja; dan 7) budaya kerja  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja yang tidak dimediasi oleh kepuasan kerja karyawan Universitas IVET di Semarang.


 


Kata Kunci: Kualitas layanan, budaya kerja, kepuasan kerja, kinerja karyawan.

Published
2020-08-28
How to Cite
SLAMET, slamet. Pengaruh Kualitas Layanan dan Budaya Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Universitas IVET. PAWIYATAN, [S.l.], v. 27, n. 02, p. 49 - 60, aug. 2020. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/1268>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles