Pengaruh Gaya Belajar, Lokasi Tempat Tinggal, dan Motivasi Diri Sebagai Variabel Intervening Terhadap Pembelajaran Online

  • Andry Irdyansah Universitas IVET

Abstract

Permasalahan penelitian  adalah cara peningkatan pembelajaran melalui online atau daring (dalam jaringan) pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi di  Universitas Semarang yang disoroti dari gaya belajar, lokasi tempat tinggal, dan motivasi dirisebagai variabel intervening pelaksanaan pembelajaran online. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh gaya belajar, lokasi tempat tinggal dan motivasi diri sebagai variabel intervening terhadap pembelajaran online.


Metode penelitian  digunakan jenis  kuantitatif  dengan pendekatan eksplanatori bersifat  asosiatif.  Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Manajemen sebanyak 30 orang. Alat pengumpul data  digunakan dokumentasi dan instrumen angket guna memperoleh jawaban  dari variabel gaya belajar, lokasi tempat tinggal, motivasi diri, dan pembelajaran online,  adapun teknik analisis data  digunakan regresi linier berganda melalui pengolahan data bantuan program SPSS versi  21.00. 


Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa secara parsial variabel gaya belajar dan lokasi tempat tinggal berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi diri, sedangkan secara bersama-sama gaya belajar, lokasi tempat tinggal, serta motivasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelajaran online, namun motivasi diri tidak memediasi pengaruh gaya belajar terhadap pembelajaran online dan pengaruh lokasi tempat tinggal terhadap pembelajaran online. Hal ini berarti bahwa pembelajaran online masih rendah yang diduga dilatarbelakangi  kurangnya gaya belajar, lokasi tempat tinggal, dan motivasi diri, padahal faktor atau dimensi  dari ketiga variabel tersebut merupakan hal penting dalam peningkatan pembelajaran secara online atau daring bagi pihak Universitas.


 


Kata Kunci: gaya belajar, tempat tinggal, motivasi diri, belajar online

Published
2021-01-30
How to Cite
IRDYANSAH, Andry. Pengaruh Gaya Belajar, Lokasi Tempat Tinggal, dan Motivasi Diri Sebagai Variabel Intervening Terhadap Pembelajaran Online. PAWIYATAN, [S.l.], v. 28, n. 01, p. 1-12, jan. 2021. ISSN 0853-4462. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/1566>. Date accessed: 28 feb. 2021.
Section
Articles