Kemandirian Merawat Diri

Studi Kasus pada Anak SLB/C YPAC Semarang

  • Ririn Linawati Universitas IVET

Abstract

Anak yang memiliki kebutuhan khusus merupakan anak yang tidak  sama dengan anak yang normal lainnya, baik itu dalam memenuhi kebutuhan  sendiri maupun kebutuhan lain, semuanya masih tergantung dan memerlukan pertolongan orang lain, sehingga diperlukan penanganan secara khusus dan serius agar anak memiliki tingkat kemandirian yang matang dalam memenuhi kebutuhannya sendiri, termasuk di dalamnya anak di SLB/C YPAC Semarang. Dengan demikian tujuan penelitian  adalah untuk mendeskripsikan ketidakmandirian dalam merawat diri pada anak SLB/C YPAC  Semarang.


Jenis penelitian digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan metode observasi,  dokumentasi, dan instrumen angket, sedangkan uji keabsahan instrumen  digunakan uji validitas dan reliabilitas. Seluruh instrumen angket terdiri dari  6 (anam) dimensi dan setiap dimensi dikupas dengan 5 (lima) item pernyataan, sehingga keseluruhan angket terdiri dari 30 item pernyataan. Keenam dimensi dari kemandirian tersebut dilihat dari cara anak: 1) menjaga kebersihan badan; 2)  makan dan minum; 3) berpakaian; 4) berhias; 5) menjaga keselamatan diri; dan 4) cara beradaptasi dengan lingkungan. Seluruh instrumen angket telah memenuhi  syarat validitas dan reliabilitas, karena jika ada instrumen angket yang belum memenuhi persyaratan validitas diperbaiki atau dibuang untuk diganti dengan instrumen atau item pernyataan yang baru. Adapun teknik analisis data digunakan deskriptif persentase (DP).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi kasus tentang kemandirian anak SLB/C YPAC Semarang termasuk dalam kategori sangat baik, artinya anak telah memiliki tingkat kemandirian dengan sangat baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan skor yang diperoleh mulai dari rentangan 15-19 atau 71,43%,-90,48% dari 21 anak sebagai responden dengan kriteria sangat baik, dilihat dari kemandirian anak dalam: 1) menjaga kebersihan badan; 2)  makan dan minum; 3) berpakaian; 4) berhias; 5) menjaga keselamatan diri; dan 4) cara beradaptasi dengan lingkungan.


 


Kata kunci: kemandirian anak, merawat diri.

Published
2021-01-30
How to Cite
LINAWATI, Ririn. Kemandirian Merawat Diri. PAWIYATAN, [S.l.], v. 28, n. 01, p. 33 - 39, jan. 2021. ISSN 0853-4462. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/1568>. Date accessed: 28 feb. 2021.
Section
Articles