Pelaksanaan Pembelajaran PKn

Studi Kasus di SMK Pembangunan Mranggen-Demak

  • Titik Susiatik Universitas IVET

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan guru selama ini masih ada sebagian yang mengalami kendala, termasuk yang dialami guru PKn, sehingga perlu ada action atau tindakan sebagai masukan untuk mengurangi kelemahan tersebut. Hal yang dapat dilakukan  selain motivasi belajar dari siswa juga dari orang tua serta  sarana-prasarana, dan  yang tidak kalah pentingnya adalah pihak guru  mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga sampai pada evaluasi. Tujuan  tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: 1) persiapan atau rancangan guru PKn dalam proses pembelajaran; 2)  pelaksanaan proses pembelajaran; dan 3) evaluasi atau penilaian  dari proses pembelajaran oleh  guru PKn.


Model penelitian digunakan  kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan  sumber  data diperoleh dari kata-kata atau tindakan, sumber data tertulis, dokumen, dan photo-photo kegiatan.  Informan penelitian adalah: 1) kepala sekolah  sebagai informan kunci atau key informan, dan informan lapangan adalah: 2) wakil kepala sekolah bidang kurikulum; 3) perwakilan guru;  dan 4) perwakilah peserta didik. Teknik  pengumpulan data digunakan: 1) wawancara; 2) observasi partisipatif;  dan 3) studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan model interaktif.  


Simpulan penelitian adalah: 1) perencanaan pembelajaran guru PKn   berjalan  efektif dan efisien, dalam arti mempertimbangkan waktu yang tersedia dengan cakupan materi  relatif luas; 2) pelaksanaan proses pembelajaran PKn  oleh guru PKn selalu berpedoman pada Garis-garis Besar` Program Pengajaran (GBPP) yang dioperasionalkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan 3)  evaluasi atau penilaian  oleh guru  PKn digunakan sistem berkelanjutan, mulai dari nilai harian dalam bentuk pop quis, ujian tengah semester dan ujian semester. Selain itu dilakukan penilaian dengan memperhatikan keseimbangan  antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.


 


Kata kunci: pembelajaran, PKn. 

Published
2021-01-30
How to Cite
SUSIATIK, Titik. Pelaksanaan Pembelajaran PKn. PAWIYATAN, [S.l.], v. 28, n. 01, p. 50 - 61, jan. 2021. ISSN 0853-4462. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/1570>. Date accessed: 28 feb. 2021.
Section
Articles