Peran dan Usaha Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Mts Al Hidayah Sadeng Kota Semarang

  • Evi Prasetyowati Universitas IVET
  • Sri Widayati Universitas IVET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) peran komite sekolah; 2) usaha komite sekolah; 3) kendala yang dihadapi komite sekolah;  dan 4) solusi komite sekolah dalam mengatasi kendala pada  peningkatan mutu pendidikan di MTs Al Hidayah Sadeng Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.


Jenis penelitian yang digunakan termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk uji keabsahan perolehan data digunakan  triangulasi dan crosschek. Informan dalam penelitian ini adalah: 1) komite sekolah; 2) kepala sekolah; 3) Wakasek bidang humas; 4) perwakilan guru; 5) perwakilan orang tua siswa; dan 6) beberapa siswa sebagai peserta didik di MTs Al Hidayah Sadeng Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.


Hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Al Hidayah Sadeng cukup optimal dan sudah baik, terutama perannya sebagai badan pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan mediator antara orang tua atau wali murid dengan pihak sekolah; 2) usaha komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan berupa keikutsertaan dalam pengambilan keputusan/ kebijakan program sekolah, mendukung secara finansial, tenaga, dan pikiran, melakukan kontrol terhadap anggaran pendidikan, menjadi fasilitator untuk orang tua siswa, meminta saran dan masukan dari wali murid; 3) kendala yang dihadapi komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid-19 terkait dengan pembelajaran daring adalah  rendahnya kesadaran orang tua siswa dalam pembicaraan  masalah pendidikan dan minimnya input siswa; dan 4) solusi komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan yaitu melalui pengadaan rapat rutin bersama orang tua dan pihak sekolah untuk mengevaluasi secara bersama kekurangan dan kelemahan sekolah.


 


Kata kunci: Komite sekolah, mutu pendidikan. 

Published
2021-02-19
How to Cite
PRASETYOWATI, Evi; WIDAYATI, Sri. Peran dan Usaha Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Mts Al Hidayah Sadeng Kota Semarang. PAWIYATAN, [S.l.], v. 28, n. 01, p. 40 -49, feb. 2021. ISSN 0853-4462. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/1598>. Date accessed: 27 feb. 2021.
Section
Articles