Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media E-Learning Pada Peserta Didik Kelas XII IPA-2 Man 2 Kab. Semarang

  • Sarno Sarno Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Semarang

Abstract

Masih adanya sebagian peserta didik kelas XII IPA-2 MAN 2 Kabupaten Semarang yang kemampuannya dalam bercerita termasuk dalam kriteria rendah atau sangat kurang. Oleh sebab itu peneliti sebagai salah satu guru Mapel Bahasa Indonesia di sekolah tersebut bekerjasama dengan guru Bahasa Indonesia yang lain sebagai teman sejawat/kolabolator untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada anak, salah satunya melalui penggunaan media e-learning.  


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  PTK, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan pemahaman materi tertentu, yaitu kemampuan bercerita pada peserta didik. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XII IPA-2 yang berjumlah 34 anak, dengan teknik pengumpulan data: dokumentasi, pemberian tugas, dan observasi. Adapun teknik analisis data digunakan analisis deskriptif persentase (DP), dengan cara membandingkan hasil tindakan pada setiap siklus dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. 


Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: 1) upaya peningkatan kemampuan bercerita yang dilakukan observer bersama kolabolator  melalui  media e-learning diperoleh  skor  15 atau 44,12%  dengan kriteria kurang pada pra siklus menjadi 27 atau 79,41% dengan kriteria cukup pada siklus I, kemudian meningkat dan memenuhi indikator keberhasilan pada siklus II dengan perolehan skor 30 atau 88,24% dengan kriteria baik;  2) melalui media e-learning  efektif  dapat meningkatkan kemampuan bercerita  pada  peserta didik  setelah dilakukan tindakan siklus II, karena  75%  <  88,24%  >  85% maka hipotesis tindakan: “Melalui  media e-lerning dapat meningkatkan kemampuan bercerita  bagi peserta didik kelas XII IPA-2 MAN 2 Kabupaten Semarang pada semester genjil tahun ajaran 2020/2021” dapat diterima atau terbukti.


 


Kata kunci: Kemampuan Bercerita, e-learning. 

Published
2021-09-09
How to Cite
SARNO, Sarno. Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media E-Learning Pada Peserta Didik Kelas XII IPA-2 Man 2 Kab. Semarang. Pawiyatan, [S.l.], v. 28, n. 02, p. 65 - 74, sep. 2021. ISSN 2721-4702. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/1830>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles