PKM HOME INDUSTRI JENANG DI KABUPATEN KUDUS

  • risky setiawan setiawan paud ikip veteran

Abstract

Jenang adalah salah satu makanan khas daerah yang telah memasyarakat baik dalam skala Nasional maupun Internasional. Dalam pelaksanaannya sentra industri jenang dominan di Kabupaten Kudus. Terdapat lebih dari dua puluh sentra industri pembuatan jenang di Kabupaten Kudus.


Untuk jumlah pendapatan hanya beberapa pabrik jenang yang telaah terkualifikasi baik dari segi kualitas maupun jumlah produksi. Masih banyak sentra industri jenang yang memproduksi jenangnya dengan sistem manual. Dalam proses pembuatannya, jenang yang dibuat menggunakan mesin akan lebih baik kualitas kelenturannya serta tingkat kandungan tepung yang melekat juga akan lebih baik. Disamping itu, sistem pemasaran dan pendistribusian masih cenderung dilakukan hanya promosi dari mulut kemulut (Word of Mouth Marketing). Hal ini tentunya hanya terbatas untuk kalangan tertentu.


Sumber daya manusia (SDM) Pemilik home industri Dua Keris dan Sinar Fadhil jenang sudah bagus. ilmu tata boga baik didapat dalam bangku sekolah maupun otodidak, tetapi belum bisa mengatasi permasalahan terutama pada efisiensi dan optimalisasi kualitas jenang yang diproduksi. Selain itu, mereka tidak punya ilmu tentang manajemen dan pemasaran produk yang menjadi salah satu suksesnya usaha. Penerepan Iptek khususnya dalam penerapan Program Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi home industri. Dengan menerapkan hasil riset yang sudah dilakukan IKIP Veteran Semarang yang akan diaplikasikan ke mitra akan meringankan dan memecah permasalahan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan, memaksimalkan kualitas produk jenang, menjual hasil produk dan memudahkan memanajemen usaha jenang.


Metode yang dipakai pada program PKM adalah: 1) Memberi pelatihan pembuatan alat pengaduk jenang menggunakan bahan bakar listrik dan pemanas gas LPG (liquid petroleum gas) pada mitra “dua keris” dan masyarakat RT.01 Rw.03. 2) Memberi pengetahuan promosi jasa usaha jenang dan pemasaran melalui internet atau e-Commerce, Pelatihan Manajeman usaha dan pemasaran produk yang akan di jual, dan Pengetahuan manajemen dan informasi mengakses bantuan usaha baik pemerintah maupun bank.. Luaran program PKM yaitu Terwujudnya alat pengaduk jenang tenaga listrik, Menciptakan metode baru peningkatan tingkat kelenturan jenang dan kandungan tepung pada produk, Meningkatkan Iptek dan skill para mitra untuk mengembangkan SDM dan kemajuan jenang, Terbangun website e-Commerce untuk promosi produk jenang dan penjualan produk jenang melalui internet, Menambah pengetahuan manajemen dan pemasaran produk, Informasi mengakses bantuan usaha, Sertifikat kegiatan Program Kemitraan Masyarakat, Laporan kegiatan, seminar nasional dan Publikasi nasional hasil kegiatan program PKM.

Published
2018-10-26
How to Cite
SETIAWAN, risky setiawan. PKM HOME INDUSTRI JENANG DI KABUPATEN KUDUS. PAWIYATAN, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 1 - 10, oct. 2018. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/711>. Date accessed: 18 nov. 2018.
Section
Articles