Pengaruh Panggung Boneka Seri Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cempaka

  • Malpaleni Satriana PGPAUD FKIP Universitas Mulawarman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media panggung boneka seri berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak dan apakah pengaruh panggung boneka seri terhadap kemampuan kognitif anak di PAUD Cempaka Tenggarong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen untuk mengetahui pengaruh panggung boneka seri tehadap kemampuan kognitif anak usia dini yaitu memberikan pretest dan posttest dengan disain adalah pretest and posttest control group design by random. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun sebanyak 20 orang anak dan penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling yaitu sampel eksperimen sebanyak 10 orang anak dan pembanding sebanyak 10 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Uji Statistik berdasarkan hasil perhitungan Uji t sebelum dan sesudah eksperimen dan diperoleh hasil analisis nilai Sig. = 0,000 <? , dan nilai thitung = 14.419 > ttabel = 1.812, maka HO ditolak dan Ha diterima. Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dua belas perlakuan yang terlihat dengan anak mampu membuat garis diagonal, membuat garis melingkar berulang, membuat beraneka bentuk, membuat simbol dan dapat dikenali bentuknya, mengelompokkan benda yang merupakan kegiatan penugasan dan hasil karya menggunakan media panggung boneka seri memberikan pengaruh terhadap kemampuan kognitif anak usia dini di PAUD Cempaka Tenggarong.

Published
2018-12-28
How to Cite
SATRIANA, Malpaleni. Pengaruh Panggung Boneka Seri Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cempaka. PAWIYATAN, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 150 -162, dec. 2018. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/760>. Date accessed: 21 mar. 2019.
Section
Articles