Sejarah Organisasi Muhammadiyah Dalam Kontribusi Bidang Pendidikan di Kabupaten Kendal

  • nuryanti nur nuryanti Pendidikan Sejarah IKIP Veteran

Abstract

Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi di Indonesia memiliki  kiprah dan andil yang besar dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, juga banyak bergerak pada bidang – bidang yang lain diantaranya adalah bidang pendidikan di tingkat pendidikan Nasional hingga di daerah termasuk wilayah kabupaten Kendal. Dalam Sejarahnya organisasi ini telah memberikan kontribusi yang banyak terutama bidang pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Sejarah organisasi Muhammadiyah dalam memberikan konrtibusi pada dunia pendidikan di kabupaten Kendal.


Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Setting penelitian di wilayah Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumen, teknik observasi dan teknik  wawancara.Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Proses analisis  data meliputi empat komponen yaitu Pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. 


Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa Sejarah organisasi Muhammadiyah wilayah kabupaten Kendal telah banyak cabang-cabangnya, namun  masih berdiri sendiri-sendiri atau menginduk. Muhammadiyah dalam perkembangannya mengalami kemajuan yang pesat sampai pelosok tanah air baik secara vetikal maupun horisontal. Perkembangan secara vertikal yaitu  berupa berdirinya wilayah-wilayah di tiap propinsi, daerah-daerah di setiap kabupaten, cabang-cabang di tiap kecamatan dan ranting-ranting serta jumlah anggotanya semakin bertambah di berbagai daerah. Perkembangan secara horizontal yaitu perkembangan dan perluasan amal usaha Muhammadiyah yang meliputi barbagai bidang kehidupan berbagai tantangan dan rintangan yang datang selalu dihadapi dengan sabar dan tawakkal. Keuletan dan semangat untuk membesarkan organisasi Muhammadiyah oleh seluruh pendukungnya, akhirnya Muhammadiyah berhasil membawa kebesaran nama dan keleluasaan gerakannya. Organisasi Muhammadiyah dalam dunia pendidikan telah memberikan kontribusi yang sangat besar  diantaranya memperbaharui sistem pendidikan Islam secara modern sesuai dengan kehendak dan kemajuan jaman. tolak ukur keberhasilan peningkatan pendidikan Muhammadiyah  adalah kemampuan daya serap sekolah - sekolah Muhammadiyah terhadap sekolah–sekolah disekitanya. Dalam pengelolaan sekolah swasta, biaya bersumber dari masyarakat. Sehingga dalam pengelolaan sekolah–sekolah Muhammadiyah, fungsi organisasi Muhammadiyah adalah sebagai kontrol. Disinilah letak peran organisasi Muhammadiyah yang membedakan dengan lembaga pendidikan lain dimana sekolah–sekolah dalam naungan Muhammadiyah mempunyai nilai sosial yang lebih


 


Kata Kunci: Organisasi Muhammadiyah, bidang pendidikan

Published
2020-09-10
How to Cite
NURYANTI, nuryanti nur. Sejarah Organisasi Muhammadiyah Dalam Kontribusi Bidang Pendidikan di Kabupaten Kendal. PAWIYATAN, [S.l.], v. 27, n. 02, p. 77 - 84, sep. 2020. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/780>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles