Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini

  • Didik Ardi Santosa UNIVERSITAS IVET SEMARANG

Abstract

Musik sangat penting dan perlu dikembangkan untuk anak usia dalam membantu perkembangnnya. Namun sebagian orang tua banyak yang kurang paham akan pentingnya musik  bagi kecerdasan anak. Musik merupakan suatu wadah untuk mengekspresikan suasana diri. Dengan musik anak-anak diberi kesempatan untuk mengungkapkan perasaan-perasaan dan gagasannya dengan cara menari atau bergerak mengikuti suara musik. Pentingnya musik untuk anak usia dini antara lain untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi, dapat meningkatkan dan mengajarkan kecerdasan lain, dan dapat merangsang daya ingat anak. Dengan demikian  musik sangat penting untuk diajarkan anak sejak usia dini agar perkembangnnya lebih baik.


Masalah yang irumuskan dalam  penelitian ini adalah: 1) bagaimana  hubungan musik  dengan otak manusia?; 2) apa manfaat yang diperoleh dari musik?; 3)  bagaimana cara pengembangan kecerdasan musik pada anak usia dini?;  4) faktor  apakah yang menjadi penghambat dan pendukung pengajaran musik bagi anak usia dini?; dan 5)  bagaimana cara pengajaran musik agar efektif dapat diberikan kepada anak usia dini?  


Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa manfaat musik dapat dijadikan alasan pendidik atau orang tua untuk mengembangkan musik pada anak. Beragam cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak mengambangkan kecerdasan musikalnya. Cara-cara tersebut dapat berupa memperdengarkan musik beragam kepada anak-anak, mendengarkan dan menyanyikan lagu disertai gerakan, dan mengajarkan untuk bermain musik. Dari cara tersebut anak mampu mengeksplor bakat yang dimiliki dalam bermusik. Selain itu, aspek perkembangan anak yang lain akan ikut terbantu perkembangnnya dengan baik.


 

Published
2019-07-20
How to Cite
SANTOSA, Didik Ardi. Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini. PAWIYATAN, [S.l.], v. 26, n. 01, p. 78-88, july 2019. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/877>. Date accessed: 15 july 2020.
Section
Articles