Keefektifan Media Mewarnai 3 Dimensi melalui Pembelajaran Proyek bagi Anak Usia Dini

Keefektifan Media Mewarnai 3 Dimensi melalui Pembelajaran Proyek bagi Anak Usia Dini

  • Naili Rohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muh Shofiyuddin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Abstract

Mewarnai merupakan salah satu aktivitas seni anak usia dini. Anak usia dini tidak akan terlepas dari kegiatan seni, baik seni rupa, seni musik, seni drama, maupun seni tari. Mewarnai menjadi aktivitas andalan bagi anak-anak, dengan mewarnai akan menumbuhkan kemampuan anak mengenal dan mengaplikasikan warna ke dalam gambar. Mewarnai yang dilakukan menggunakan media 3 dimensi (3D) berasal dari bahan dasar semen putih, selanjutnya akan di warnai menggunakan kuas dengan nuansa pembelajaran proyek. Terdapat dua tujuan dalam penelitian ini: 1) untuk menganalisis hasil belajar kemampuan mewarnai antara kelompok eksperimen; dan 2) kelompok kontrol serta menganalisis keefektifan media mewarnai 3 dimensi melalui pembelajaran proyek bagi anak usia dini. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah tipe non-equivalent control group design. Terdapat 36 anak yang dijadikan populasi, populasi dan sampel dipilih berdasarkan letak geografis lembaga PAUD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes lisan. Teknik analisis yaitu independent sample t test dan paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol; dan 2) media mewarnai 3 dimensi melalui pembelajaran proyek lebih efektif daripada media mewarnai kertas pada pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Shara, Ibrahim. 2015. Learning and teaching between enjoyment and boredom as realized by the student: A survey from the educational field. European Scientific Journal. Vol.11 (19). 1857 – 1881
Bell, Stephanie. 2010. Project-Based Learning for the 21st century: skills for the future. The Clearing House. 83. 39-43
Bergen, Doris. 2002. The Role of Pretend Play in Children's Cognitive. ECRP. Vol 4 (1)
Brenneman, Kimberly & Louro, Ines F. 2008. Science Journals in the Preschool Classroom. Early Childhood Educ J. Vol 36. 113–119
Co?kun, H. & Durako?lu, A. (2015). A Project-Based Approach in Child Education: Reggio Emilia. International Journal of Humanities and Education. 1 (2). 141-153
Duyani, Fazila & Rengin Ünver. 2016. A research on the e?ect of classroom wall colours on student’s attention. ITU A|Z. Vol 13 (2).73-78
Fortino, Carol; Gerretson, Helen; Button, Linda; Masters, Vivian. 2014. Growing Up WILD: Teaching Environmental Education in Early Childhood. International Journal of Early Childhood Environmental Education, vol 2 (1) 156-171
Haryati, Yuli & Ismartoyo. 2016. Penerapan Media Konkrit dalam Pembelajaran Proyek untuk Mengembangkan Kognitif pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Kelompok B. PROSIDING TEMU ILMIAH NASIONAL GURU (TING) VIII. Universitas Terbuka Convention Center, 26 November 2016, 277-287
Rahman, Saemah, Ruhizan M. Yasin & Siti Fatimah Mohd Yassin. 2012. Project-Based Approach at Preschool Setting. World Applied Sciences Journal 16 (1): 106-112
Setiawan, R., & Khamah, P. (2018). Uji Komparasi antara Kegiatan Menulis Angka dan Membuat Kalender dalam Pengenalan Konsep Angka di Kelompok B TK Dharma Wanita Kendal, Jawa Tengah.. Journal Of Studies In Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 32-40. doi:10.31331/sece.v1i1.584
Sa?lam, Mehmet & Neriman ARAL. 2016. Child and Drawing. Developments in Educational Sciences chapter 7. St. Kliment Ohridski University Press
Suryanti, Sodikin, & Mustiah Yulistiani. 2012. Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai dan
Origami terhadap Tingkat Kecemasan sebagai Efek Hospitalisasi pada Anak Usia Pra Sekolah di RSUD dr. R. Goetheng Tarunadibrata Purbalingga. Jurnal Kesehatan SAMODRA ILMU. Volume 3 (2)
Uber, Julia, Katharina Hamann, & Michael Tomasello. 2015. How 18- and 24-month-old peers divide resources among themselves. Journal of Experimental Child Psychology. 140. 228–244
Yerli, Özgür. 2016. Usability Possibilities of the Photo Art in the Basic Design
Education. Developments in Educational Sciences chapter 58. St. Kliment Ohridski University Press
Published
2018-11-07
How to Cite
ROHMAH, Naili; SHOFIYUDDIN, Muh. Keefektifan Media Mewarnai 3 Dimensi melalui Pembelajaran Proyek bagi Anak Usia Dini. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 42-48, nov. 2018. ISSN 2615-5389. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sece/article/view/687>. Date accessed: 17 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/sece.v1i2.687.