Meningkatkan Sikap Sopan dan Kemandirian pada Anak Kelompok B dengan Strategi Tudsmart Melalui Kegiatan Mendongeng di PAUD Herni Dwi Wulan Ungaran

Meningkatkan Sikap Sopan dan Kemandirian pada Anak Kelompok B dengan Strategi Tudsmart Melalui Kegiatan Mendongeng di PAUD Herni Dwi Wulan Ungaran

  • Irna Anjarsari IKIP Veteran Semarang

Abstract

Pendidikan perilaku sopan dan kemandirian pada anak usia dini seringkali dianggap tidak terlalu penting oleh pendidik maupun orang tua. Anak yang mudah marah, berbicara dengan orang dewasa dengan suara keras, tidak bertanggung  jawab, selalu dibantu dalam memakai baju atau sepatu, dianggap wajar oleh pendidik maupun orang tua. Permasalahan tentang sikap sopan dan kemandirian harus menggunakan  strategi pintar yaitu dengan strategi Tudsmart. Strategi Tudsmart disini adalah pintar bersikap yang dirangsang sesuai dengan gaya berpikir, kreativitas, dan multikecerdasan pada anak. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan sikap sopan  dan kemandirian dengan strategi Tudsmart melalui kegiatan mendongeng di PAUD Herni Dwi Wulan.  Metode penelitian dalam penelitian ini  menggunakan  penelitian tindakan kelas  (PTK) dengan tiga siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di PAUD Herni Dwi Wulan, sikap sopan dan kemandirian dengan strategi Tudsmart melalui kegiatan mendongeng mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkarkan hasil penilaian pada anak telah mencapai ketuntasan 87 %.  Terdapat keterbatasan dalam penelitian ini, beberapa subjek sering tidak mengikuti perlakuan sehingga hasil penelitian kurang maksimal.


Kata kunci  :Perilaku Sopan, Kemandirian,  Strategi  Tudsmart, Kegiatan  Mendongeng,


 


Abstract


Polite behavior of education in early childhood is often considered not important by educators and parents. Children who are irritable, talk to adults loudly, always help wear a clothes and pair of shoes, this opinion is considered as natural by educators and parents. Set of problems about polite attitude and to be autonomous must use smart strategy is Tudsmart strategy. The tudsmart strategy is smart attitude stimulation according with thinking style, creativity and multipleintelegences in children. The purpose of this study is improving polite attitude and self supporting with Tudsmart strategy through storytelling at PAUD Herni Dwi Wulan. The research method use Classroom Action Research (CAR) three cycle planning research. Based on results in PAUD Herni Dwi Wulan, polite attitude and self supporting with strategy Tudsmart through storytelling experience improvement. It is based on assessment results on children has reach 87% complete. There is limitations in research with some research subject on experiment class not follow treatment so results less research.


Keywords : Politeness, Self supporting, Tudsmart Strategy, Storytelling Activities

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardy. W, Novan. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: AR-RUZZ Media
Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Direktoral Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. 2007. Pedoman Pembelajaran Pembiasaan di TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Gunarti. W, dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
Hasan, Maimunah. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogyakarta : Diva Press.
Hana, Jasmin. 2011. Terapi Kecerdasan Anak dengan Dongeng. Jogyakarta : Berlian Media.
Hurlock, Elizabeth. 2000. Jilid 2, Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
Ibung, Dian. 2009. Mengembangkan Nilai Moral pada Anak. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Jamaris, Martini. 2003. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : UNJ
Mulyasa. 2017. Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Mulyani, Novi. 2016. Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia
Musbikin, Imam. 2012. Pintar Mengatasi Tumbuh Kembang Anak. Yogyakarta : FlashBooks
Risky Setiawan, 2017. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) Teori dan
Praktik. Yogyakarta: Nuha Medika.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Suyanto, Slamet. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini : Jogyakarta Universitas Negeri Jogyakarta
Seelfeldt, Carol & Wasik, Barbara. 2008. Pendidikan anak usia dini. Jakarta : PT Indeks
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah ( Classroom Action Research ), pedoman praktis bagi guru profesional. Jakarta : Bumi Aksara.
Published
2018-11-07
How to Cite
ANJARSARI, Irna. Meningkatkan Sikap Sopan dan Kemandirian pada Anak Kelompok B dengan Strategi Tudsmart Melalui Kegiatan Mendongeng di PAUD Herni Dwi Wulan Ungaran. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 72-79, nov. 2018. ISSN 2615-5389. Available at: <http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sece/article/view/694>. Date accessed: 17 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/sece.v1i2.694.