PENGARUH PERAN GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SISTEM AC XI TKRO SMK MUHAMMADIYAH BAWANG
Abstract
Fatkhurrohman, NPM. C3216110061. Pengaruh Peran Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Peningkatan Kompetensi sistem AC XI TKRO SMK Muhammadiyah Bawang 2019/2020 . Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Universitas IVET Semarang 2020.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui pengaruh Peran Guru terhadap Peningkatan Kompetensi Sistem AC (Air Conditioner) siswa kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah Bawang. 2. Mengetahui pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Peningkatan Kompetensi Sistem AC (Air Conditioner) siswa kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah Bawang. 3. Mengetahui Pengaruh Peran Guru dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap Peningkatan Kompetensi Sistem AC (Air Conditioner) siswa kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah Bawang.
Metode penelitian. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian expost facto, di mana penelitian ini mengkaji pengaruh variabel bebas (X1) dan (X2) terhadap variabel terikat (Y). Sampel yang digunakan adalah kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah Bawang sebanyak 57 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket daring dan dokumentasi. Sedangan alat uji analisis menggunakan program SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian pengaruh Peran Guru (X1) dan Lingkungan Belajar (X2) Terhadap peningkatan kompetensi (Y). Terdapat Pengaruh Peran Guru dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap Peningkatan Kompetensi Sistem AC siswa kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah Bawang yang dibuktikan dari hasil F yang menunjukan nilai signifikansi (Sig) = 0.000 < probabilitas 0.05 dan nilai F hitung = 608.097 > F tabel 3.17. sehingga memenui syarat untuk menjawab hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh Peran Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Peningkatan Kompetensi Sistem AC siswa kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah Bawang 2019/2020” dapat diterima. Pengaruh yang diberikan oleh variabel Peran Guru (X1) dan Lingkungan Belaja (X2) Terhadap peningkatan kompetensi sistem AC (Y) sebesar 95,6%.dan sisahnya 4.4% dipengarui variabel lain, yang dibuktikan oleh hasil uji koefesien determinasi yang menunjukan nilai adjusted R Square 0,956 (95,6%).
Kata kunci : Peran Guru, Lingkungan Belajar dan Peningkatan Kompetensi.
References
Antoro, A. T. (2014). Pengaruh Fasilitas Bengkel dan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Praktik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Pemesinan Siswa Kelas XII di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi. Univesitas Negeri Yogyakarta.
Ashari, A., Ismet, F., & Darman, D. (2014). Hubungan Suasana Lingkungan Belajar Dalam Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistem Motor Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang. Automotive Engineering Education Journals, 1(1).
Hamalik, O. (2003). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Bumi Aksara.
Hardinata, M., Nasrun, N., & Darman, D. (2015). Hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran memelihara baterai kelas x teknik kendaraan ringan smk negeri 1 padang. Automotive Engineering Education Journals, 1(1).
http;//ilmu-pendidikan.net/profesi-kependidikan/guru/peran-guru-dalam-kegiatan-belajar-mengajar
Jefri Findarto.(2015) Pengaruh peran guru dan mptivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sistem rem otomotif di SMK Roudlotul Mubtadiin Jepara, tidak dipublikasikan. Semarang: fakultas pendidikan tekik dan kejuruan institut ilmu dan keguruan ilmu pendidikan veteran semarang.
Oemar Hamalik.(2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Sardiman A M.(2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyanto, A. R., & Harnanik, H. (2016). Pengaruh Minat Kerja, Prestasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Siswa Smk Memasuki Dunia Kerja. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 428-428.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsami Arikunto.(1996), Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata N.s. (2005). Landasan Proses Pendidikan. Bandung Remaja Rosdakarya.
Syaiful Djamarah B. (2010). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
UU No. 20 Tahun 2003. Tentang system pendidikan Nasional beserta penjelasannya.