Peningkatan Kompetensi Guru Teknik Bisnis Sepeda Motor melalui Pelatihan Teacherpreneur Berbasis Remapping ECU
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi otomotif, khususnya sistem Electronic Fuel Injection (EFI), menuntut peningkatan kompetensi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar sesuai dengan kebutuhan industri. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan berbasis teacherpreneurship dengan fokus pada remapping ECU bagi guru SMK NU Ma’arif Limpung Batang. Metode pelaksanaan melibatkan pendekatan multi-disiplin berupa ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung menggunakan software serta modul remapping khusus. Hasil program menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap teknologi EFI serta kreativitas dalam mengaplikasikannya ke proses pembelajaran. Kesimpulan menunjukkan keberhasilan program dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di SMK, yang berdampak pada peningkatan daya saing lulusan.
Downloads
References
Buckley, J., & Nzemayie, P. (2016). Teacherpreneur: A New Model for Teachers as Educational Leaders. Journal of Educational Leadership, 34(2), 45-53.
Fatar, F., Mahendra, S., & Setiawan, I. (2023). Optimalisasi ECU Standar Melalui Teknologi Remapping pada Kendaraan Bermotor. Jurnal Teknologi Otomotif, 15(1), 25-32.
Hidayat, R., & Yunus, M. (2019). Pentingnya Teacherpreneurship dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(2), 56-63.
Haryana, M. (2018). Analisis Keterampilan Guru SMK dalam Penguasaan Teknologi EFI di Indonesia. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(3), 112-119.
Muji, R., & Utoro, T. (2017). Pengaruh Remapping ECU terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor EFI. Jurnal Mekanika dan Otomotif, 12(4), 29-35.
Novan, A. (2012). Teacherpreneur: Menjadi Guru Berjiwa Kewirausahaan. Jakarta: PT Gramedia.