Pengaruh Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Kasus di MAN 1 Kolaka)

  • Tahir Tahir Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Marniati Marniati Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Akan dicari faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. kemudian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung serta menghambat kreativitas siswa. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas X yang bersekolah di MAN 1 Kolaka berjumlah 4o orang. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Data-data penelitian diambil dari angket siswa dan dokumentasi prestasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kreativitas belajar ditinjau dari jenis kelamin dan terdapat perbedaan yang signifikan dari prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Selain itu, terdapat  pengaruh   yang searah antara kreativitas siswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin terhadap prestasi belajar.


Kata kunci: kreativitas, jenis kelamin, prestasi belajar matematika.


ABSTRACT


This research is based on the low achievement of students' mathematics learning. Will be sought factors that affect the high level of achievement. The purpose of this study is to determine whether there is influence of creativity to student's mathematics learning achievement in terms of gender differences. then to know what factors that support and hinder the creativity of students. The sample of the research taken is the X class students who attend school in MAN 1 Kolaka amounted to 4o people. This research is an expost-facto research. The research data is taken from student questionnaire and documentation of student's mathematics learning achievement. The results showed that there was a difference of learning creativity in terms of gender and there was a significant difference from students' mathematics learning achievement in terms of gender differences. In addition, there is a direct influence between student creativity in terms of gender differences on learning achievement.


Keywords: creativity, gender, mathematics learning achievement. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyono, F. (2016). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 159-168.

Anita, I. W. A. W. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar ditinjau dari Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 246-251.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Kadir. (2015). Statitik Terapan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Katminingsih, Y., & Widodo, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif matematis Siswa Ditinjau Menurut Gender Siswa SD Negeri tarokan Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(1).

Khoirunnisa, N. (2016). Pengaruh Urutan Kelahiran dan Jenis Kelamin terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP An-Nur Bululawang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

MZ, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15-31.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yumniyati, K. (2016). Pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi geometri dikontrol dengan kemampuan spasial di SMA N 13 Semarang tahun pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Yusmanida, D., E. (2014). Pengaruh Gaya Belajar, Kreativitas dan Kecerdasan Emosi terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Piri I Yogyakarta. Laporan Penelitian.

Zainal, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2018-07-26
How to Cite
TAHIR, Tahir; MARNIATI, Marniati. Pengaruh Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Kasus di MAN 1 Kolaka). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 279-284, july 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/656>. Date accessed: 09 sep. 2024.