Penyederhanaan Birokrasi Melalui Agile Governance Menuju Layanan Prima

  • Padmaningrum Padmaningrum Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah

Abstract

Penyederhanaan birokrasi merupakan salah satu prioritas kerja dari Presiden Jokowi periode kedua (2019-2024). Penyederhanaan birokrasi dimaksudkan untuk mempercepat layanan terhadap masyarakat, sehingga pelayanan publik akan lebih mudah, cepat, dan biaya murah. Melalui penyederhanaan birokrasi dapat memberikan layanan prima, salah satunya diterapkan paradigma agile governance (layanan yang gesit). Paradigma ini mendorong sistem birokrasi untuk bekerja lebih strategis, fleksibel, dan adaptif terhadap perubahan di era revolusi industri 4.0, sehingga layanan prima dapat segera dicapai.


Tujuan pelayanan prima adalah memberikan layanan yang dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan serta fokus kepada pelanggan/masyarakat dengan sangat baik atau terbaik. Pelayanan prima bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai acuan pengembangan penyusunan standar pelayanan. Adapun fungsi pelayanan merupakan salah satu fungsi primer yang harus dijalankan pemerintah untuk mencapai tujuan Negara Indonesia. Lebih tegas bahwa pelayanan berarti melayani suatu jasa yang dibutuhkan publik   di segala bidang, kareba kegiatan pelayanan kepada masyarakat adalah  salah satu tugas dan fungsi administrasi negara.


 


Kata kunci: agile governance, layanan prima.


 

Published
2021-08-27
How to Cite
PADMANINGRUM, Padmaningrum. Penyederhanaan Birokrasi Melalui Agile Governance Menuju Layanan Prima. Pawiyatan, [S.l.], v. 28, n. 02, p. 54 - 64, aug. 2021. ISSN 2721-4702. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/1807>. Date accessed: 09 feb. 2025.
Section
Articles