Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Pembelajaran Menggambar Menggunakan Program Paint Pada Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Semarang

  • Nur Faizah Guru TK Negeri Pembina Semarang
  • Herry Sulendro Mangiri Prodi Pendidikan Informatika IKIP Veteran Semarang

Abstract

mampuan motorik halus selama pembalajaran di PAUD masih mengguanakan cara-cara yang konvensional dan kurang menarik minat siswa untuk belajar. Dengan berkembangnya teknologi maka cara konvesioanl di rubah dengan memanfaatkan media teknologi informasi berupa program Paint dengan peralatan pendukung komputer. Dari hasil penelitian dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik halus diperoleh data dalam observasi dan analisa yang telah dilakukan, diperoleh hasil yaitu: Pada kondisi awal diperoleh hasil observasi terhadap aktifitas anak yang belum berkembang sebesar 42,10 % sedangkan yang mulai berkembang sebesar 7,8 %, ini menunjukkan bahwa pada kegiatan menggambar kondisi awal belum menunjukkan adanya minat dan daya tarik anak-anak sehingga diperlukan adanya perbaikan untuk dapat memperoleh hasil yang optimal. Perbaikan yang harus dilakukan harus menyeluruh, baik kinerja guru maupun aktifitas anak. Dari hasil perbaikan pada siklus I terhadap penelitian aktifitas anak sebesar 56,6 % sedangkan pada kinerja guru sebesar 66,6 % dan siklus II pada kinerja guru diperoleh hasil sebesar 85,41 % dan pada aktifitas anak sebesar 90 % artinya  adanya kenaikan sebesar 18,81 % dari siklus I dan siklus II yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggambar dengan menggunakan program paint diperoleh hasil yang signifikan dan dapat dinyatakan berhasil dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kodir, 2011. Having Fun with Computers !. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Andriyanti, 2003. Mahir Komputer untuk Anak Cerdas. Bandung: Titian Ilmu (Anggota Ikapi).
Benny A. Pribadi, dkk, 2008. Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta.
Universitas Terbuka.
Christine Wibhowo dan Ridwan Sanjaya, 2011. Stimulasi Kecerdasan Anak Menggunakan
Teknologi Informatika. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Donny Aprilianto, 2009. Menggambar Asyik Pakai Microsoft Paint untuk Anak. Yogyakarta: Pustaka
Anggrek, cetakan I.
Hopkins, David, 1993. A Teacher`s Guide to classroom Research. Philadelphia : Open University Press.
IGAK Wardhani, Kuswaya Wihardit, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi I Jakarta : Universitas
Terbuka.
Kemmis, s. & Mc Taggart. R, (1983) The Action Research Planner . 3rd ed. Victoria, Australia: Deakin
University.
Nursery. I. T, 2002. Whizkids Computer Literacy Program, Philippine: Rex Book Store. Inc.
Rusdarmawan, 2009. Children’s Drawing dalam PAUD. Bantul: Kreasi Wacana.
Rusman, 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sanyo Saputra, 2007. Menggambar dengan Microsoft Paint. Jakarta : Ganeca Exact.
Tutang, MM.2008.Belajar Komputer Sejak Dini.” Komputer Bagi Anak-anak”. Jakarta. D@takomlintas
Buana.
W. E Kristiono. Menggambar Untuk Anak-anak. CV DANART.
Woro Vidya Ayuningtyas. 2008. Berkenalan dengan Pengolah Gambar. Yogyakarta: CV Andi Off set.
Published
2018-02-18
How to Cite
FAIZAH, Nur; MANGIRI, Herry Sulendro. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Pembelajaran Menggambar Menggunakan Program Paint Pada Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 13-21, feb. 2018. ISSN 2615-5389. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sece/article/view/582>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.582.